STRATEGI MENINGKATKAN MINAT PEMBELIAN MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA MARKETING DAN WORD OF MOUTH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sahidillah Nurdin
Yani Restiani Widjaja
Nanda Eka Putri

Abstract

Perkembangan era digital yang memperkenalkan berbagai cara baru dalam memasarkan produk mengharuskan pelaku usaha untuk mampu mengikuti perubahan yang terjadi. Pelaku UMKM di Indonesia saat ini membutuhkan suatu teknologi informasi yang tepat agar lebih berkembangan dan bersaing di era digital. Meskipun banyak UMKM yang menerapkan teknologi informasi untuk kegiatan bisnisnya, namun masih banyak pula UMKM yang belum menerapkannya dan belum mengerti manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Social Media Marketing, dan word of mouth terhadap minat beli konsumen pada UMKM keripik enye di Kecamatan cicantayan. Tipe penelitian ini adalah penelitian explanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik non prabability sampling dengan metode purposive sampling. Adapun jumlah sample yang diambil sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini dibantu oleh alat olah data statistik SPSS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara simultan, social media marketing, dan word of mouth secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada UMKM keripik enye.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurdin, S., Widjaja, Y. R., & Putri, N. E. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN MINAT PEMBELIAN MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA MARKETING DAN WORD OF MOUTH. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 97-105. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i2.1305

References

Anbiya, N. N., Sofyan, A., Komunikasi, P. M., Komunikasi, F. I., & Bandung, I. (2021). Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen Dalam survey Blackbox , dalam sebuah lembaga survey yang berbasis di Negara Singapura ini bersama Toluna bertajuk Into The Light : Understanding What Has Changed for Consumers During Covid-19 . 130–137.
Elpansyah, C., Nurdin, S., & Rahayu, Y. S. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata. 1(1), 85–95.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2799https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX
Mileva, L., & Fauzi, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.
Nurdin, S., & Wildiansyah, V. (2021). Peran Mediasi Citra Merek Pada Hubungan Antara Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Oleh Beauty Vlogger Dan Minat Beli Produk Kosmetik. Jurnal Sains Manajemen, 3(1).
Saragih, L., & Tarigan, W. J. (2020). Keputusan Pembelian On - Line Melalui Sosial Media Pemasaran Usaha Mikro Dan Kecil Sebuah Pendekatan Literatur Oleh : Universitas Simalungun. 2(1), 85–92.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Sendari, anugerah ayu. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya
Sibagariang, daniel vinson. (2016). Analisis Pengaruh Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Doorsmeer. 1, 7–37.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Suwito Wibowo, A., & Hari Magnadi, R. (2017). Strategi Pemasaran Adidas Originals Melalui Instagram Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Tanjung, G. (2021). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada viewers Youtube Wardah channel Suhay Salim). Jurnal Administrasi Bisnis.
Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Follower Isrtagram Dosen Pengampu : 2020. Al-Idarah, 20(2).