MOTIF DAN PERILAKU KOMUNIKASI REMAJA SEBAGAI PENGGUNA AKTIF INSTAGRAM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aliyah Rahma Raina
Annisa Pramesti Azalia
Candi Bismo Aji
Guidola Selena Nur Fathahhir
Salma Annisa Benif

Abstract

Kehadiran media sosial sebagai akibat dari perkembangan informasi dan teknologi komunikasi dengan berbagai layanan yang dapat digunakan menyebabkan media sosial mengubah cara kita berkomunikasi di masyarakat. Media sosial menjadi tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari di kalangan remaja, di mana mereka dapat berbagi informasi atau melakukan hal-hal lain untuk bersenang-senang, salah satunya dengan mudah membuat konten di media sosial mereka sendiri, baik itu gambar, kata-kata, video atau audio yang biasanya dibagikan melalui media sosial yang mereka gunakan contohnya Instagram. Kebanyakan remaja cenderung menggungah foto yang menunjukkan kemewahan dan perilaku kesombongan, hal ini dapat menggangu hubungan sosial para remaja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya motif dan perilaku komunikasi remaja sebagai pengguna aktif Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berulang kepada sepuluh orang informan, observasi, studi pustaka serta analisis dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku komunikasi pengguna aktif instagram adalah media sosial mampu memenuhi kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan berkhayal atau hiburan. Perilaku komunikasi antar sesama pengguna aktif Instagram yaitu mengunggah foto dan video, melakukan following dan unfollow, memberikan like dan komentar, membubuhi informasi pada foto yang diunggah, saling mengirim pesan. Hal ini menunjukkan bahwa remaja memang memerlukan eksistensi diri dengan tetap harus dilakukan secara baik dan bijaksana tidak secara berlebihan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Gemiharto, I., Abdullah A., Puspitasari, L. (2017). Kajian Kritis Tayangan Televisi Favorit Kelas Menengah Perkotaan. Jurnal ProTVF Volume 1 Nomor 1 diakses melalui http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13329
Kaplan, A., HaenLein, M. (2010). User Of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media, Business Horizons.
Mayfield, A. (2008). What is Social Media. London: iCrossing.
Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ronauli, M., Wahyudin, U., Elita, F.U., Mirawati, I. (2016). Hubungan Antara Pesan Kampanye 9 Aksi Ramah Lingkungan di Akun Twitter Earth Hour Bandung Dengan Sikap Followers Aktif Terhadap Gaya Hidup Ramah Lingkungan, diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/11017/4924
Sobur, A. (2011). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.