STRATEGI PMI KOTA BANDUNG MENARIK MINAT MASYARAKAT MENDONORKAN DARAH SELAMA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hari Hidayat
Gartika Rahmasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi kampanye pmi kota bandung dan minat masyarakat untuk mendonorkan darah di pmi kota bandung selama pandemi Covid-19. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan strategi komunikasi kampanye yang dilakukan PMI Kota Bandung meningkatkan minat masyarakat untuk mendonorkan darah selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriftif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data melalui tiga cara menurut Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data dan yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Implikasi hasil penelitian hubungan strategi komunikasi kampanye pmi kota bandung dan minat masyarakat untuk mendonorkan darah di pmi kota bandung selama pandemi Covid-19 menggunakan strategy of argumentation & strategy of publicity dengan menggunakan strategi tersebut masyarakat Kota Bandung dapat mengetahui berbagai macam informasi dan manfaat berdonor darah agar dapat meningkatkan donor darah selama masa pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Bagi peneliti berikutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber referensi dan inspirasi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian sejenis mengenai strategi kampanye Public Relations.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdurrahman, O. (2001). Dasar-Dasar Publik Relations. Citra Aditya.
Assumpta, M. (2002). Maria Dasar-Dasar Public Relations dab Praktek. PT. Grafindo.
Benny, Elly dan Yuskar. (2006). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). Simposium Nasional Akuntansi IX.
Donor Darah Menurun Karena Virus Corona Ini Kata Palang Merah. (n.d.).
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisa Data (1 cetakan). RajawaliPers.
Indonesia, U., Amalia, N. U. R. F., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Studi, P., & Masyarakat, H. (2012). KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK SIKAP KHALAYAK ( Studi pada Kampanye Stop the Trafficking of Children and Young People yang diselenggarakan oleh The Body Shop Indonesia ) SKRIPSI.
Jibriliantin. (2014). Kegiatan Publisitas Humas PalangMerah Indonesia (PMI) Kota Bandung dalam Meningkatkan Minat Donor Darah. 1.
Kartini dan Kartono. (1990). No TitlePsikologi Perkembangan Anak. CV. Mandar.
Petra, U. K. (2005). Kata Kunci : Kampanye, Strategi, Kanker Payudara, Breast Cancer, Pink, RRS, Surabaya. 7, 1–10.
Palang Merah Indonesia. (2018). Sejarah Palang Merah Indonesia. Retrieved from Www.Pmi.or.Id. http://www.pmi.or.id/sejarah-lahirnya-pmi/
Ratnawati, U. I. N. A. M. (2013). Strategi Kampanye Public Relations Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Melakukan Donor Darah Pada Palang Merah Indonesia (Pmi) Kota Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sapta, S. A. (2009). Kenali PMI.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.