PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENGARSIPAN MUSIK DISKO KLASIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bayu Nurrahman

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, teknologi banyak digunakan sebagai sarana informasi dan penyampaian keilmuan khususnya pada bidang website yang saat ini menjadi media informasi yang menawarkan berbagai kemudahan dalam menyajikan informasi Website lebih mudah diakses oleh masyarakat di berbagai daerah hanya dengan menggunakan internet. Salah satunya dalam hal pengarsipan musik disko klasik, website dapat menjadi sarana menyampaikan informasi yang efektif dan efisien kepada masyarakat luas. Romer Quelle adalah suatu komunitas yang bergerak di bidang kreatif music sejak tahun 1980-an yang memiliki Gudang penyimpanan sebagai wadah pengarsiapan musik yang di peruntukan sebagai sarana penyampaian ilmu. Komunitas tersebut dapat memanfaatkan website sebagai media penyampaian keilmuan dan informasi untuk masyarakat luas dengan lebih efektif dan cepat dengan user interface yang disesuaikan dengan kegunaan yang lebih mempermudah masyarakat dalam mengakses website. Dalam merancang website sebagai media pengarsipan musik disko klasik terdiri dari database musik yang dihubungkan kedalam website unutk dapat di akses oleh masyarakat secara langsung. Pengunjung dapat mengakses tanpa harus melakukan login terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memudahkan pencari informasi atau pengunjung. Dalam website ini, pengunjung dapat langsung melihat informasi terkait musik disko klasik dan memutar lagunya tanpa harus mengunjungi Gudang penympanan Romer Quelle.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Bagong, S. (2005). Metode Penelitian Sosial , Berbagai Alternative Pendekatan. Jakarta: Prenada Media.
Bahari, N. (2008). Kritik Seni. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Hardy, P. (1988). Ecyclopedia of Rock. New York: Schrirmer Books.
Khasanah, J. D. (2018). Aplikasi Pembayaran DSP dan SPP Sekolah Pada SMK TI Purwokerto. Evolusi - Jurnal Sains Dan Manajemen AMIK BSI Purwokerto, 49 - 60.
Lam, T. (2016). 6 Steps in A Common UX Design Process. Retrieved Juni 2, 2020, from blog.prototypr.io: https://blog.prototypr.io/a-common-product-ux-design-process-55af4ab5665e
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pressman, R. S. (2006). Software Engineering : A Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill.
Putra. (2020). Pengertian Website. Retrieved 29 Mei, 2020, from salamadian: https://salamadian.com/pengertian-website.
Satzinger, J. B. (2010). System Analysis and Design with the Unified Process. United State: Course Technology, Cengage Learning.
Shalahuddin, A. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Shneiderman, M. O. (2006). Research-Based Web Design & Usability Guidelines. United State: Government Official Edition Notice.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Samuel. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. Retrieved Juni 2, 2020, from Ciputraceo: http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian.
Wursanto, I. G. (1989). Managemen Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius.
Wikipedia (2019). Wikimedia. Retrieved Mei 24, 2020, from Perancangan Web: https://id.wikipedia.org/wiki/Perancangan_web