PERANCANGAN VIDEO GAME ACTION RPG FANTASY AIOUS UNTUK PERANGKAT KOMPUTER

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mochammad Adithya Sudrajat

Abstract

Video games adalah salah satu hiburan di era digital. Banyak negara negara berlomba saling membuat games termasuk Indonesia. Akan tetapi saat ini Indonesia tidak menguasai pasar lokal, selain itu banyak games dari Indonesia hanya memanfaatkan genre favorit di Indonesia saja yaitu romance, horror, dan comedy. Fantasy adalah genre yang tidak terlalu populer di Indonesia padahal fantasy cukup sukses di dunia. Sedikit games dari Indonesia yang memiliki genre fantasy, salah satu cara untuk mempopulerkan genre fantasy di Indonesia adalah membuat games fantasy. Perancangan ini membuat games bernama Aious, games bergenre Action RPG Fantasy dari Indonesia yang memiliki desain game dan rancangan yang unik dengan mengunggulkan fitur summon, switch dan fusion. Tujuan dari penelitian ini guna memperkenalkan genre fantasy dari Indonesia kepada masyarakat dunia sekaligus mencoba membantu perkembangan industri games lokal. Penelitian ini bersifat studi kasus dimana perancangan dibuat dengan mengikuti kegiatan bernama Indigo Games Startup Incubation. Perancangan ini membahas bagaimana membuat games yang dapat bersaing secara International secara lengkap mulai dari target Pasar hingga penerapannya di industri games.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Darmawan, D. (2018). Pra-Produkdi Aplikasi Permainan Edukatif Simulasi Perikanan Budidaya Kolam untuk Platform Mobile.
Desmita. (2005). Definisi Permainan Menurut Para Ahli - dyanRCH. http://dyanrch.weebly.com/design-course/definisi-permainan-menurut-para-ahli
Dimas, A. S. (2019). Perancangan Non-Playable Character yang Dinamis pada Game Petak Umpet dengan Goal-Oriented Action Planning. IEEE, 1–8.
Maxmilano, R. (2020). Implementasi Algoritma Boids dan Collision Avoidance pada Pergerakan NPC dalam Game 2D Berbasis Web. 021, 1–19.
Maxmilano, R. (2020) Pengembangan game berbasis Unity Engine pada cerita perang kembang. 1–14. http://eprints.ums.ac.id/53687/11/NASPUB FINAL %284%29.pdf
Nugraha, A. A., Ridi, F., & Bimo, S. H. (2015). Perancangan Game Starter Kit Dengan Pendekatan Game Design Document Untuk Pembuatan Game Arcade Genre Puzzle.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Suwasono, A. A. (2017). Konsep Art Dalam Desain Animasi. DeKaVe, 10(1), 19. https://doi.org/10.24821/dkv.v10i1.1765