KAMPANYE DIGITAL #AllEyesonRafah DI INSTAGRAM DALAM MENGUBAH PERSPEKTIF DAN MEMBANGUN SOLIDARITAS KEMANUSIAAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hermi Zakia
Ignatius Wiseto Prasetyo Agung

Abstract

Penyebaran informasi digital campaign #All Eyes on Rafah melalui platform media sosial adalah solusi untuk mengubah persepsi dan menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda kota Bandung terhadap warga Gaza Palestina. Strategi penyebaran informasi menggunakan inovasi terbaru mengikuti perkembangan teknologi digital pada era digitalisasi. Instagram dipilih karena menjadi aplikasi paling banyak penggunanya dari kalangan generasi muda Generasi Y-Z 18-35 Tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan teori diffusion of innovation model, dengan jumlah 8 informan dengan rata-rata usia 20-31 tahun, teknik pengumpulan melalui wawancara via online dan offline. Tujuan penelitian ini yakni untuk memperoleh bukti bahwa penyebaran informasi melalui Instagram menghasilkan efek perubahan persepsi dan perilaku generasi muda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbuktinya bahwa penyebaran informasi melalui Instagram adalah strategi yang efektif dalam membangun persepsi dan mengubah perilaku di era digitalisasi saat ini. peneliti juga menemukan keunggulan dan kekurangan media sosial Instagram dalam penyebaran informasi, keunggulan terdapat pada prosesnya yang instan, fleksibel, jangkauan yang luas dan mengandalkan fitur yang tersedia. kekurangan yang dimiliki yaitu informasi yang mudah dimanipulasi oleh oknum, oleh karena itu pentingnya pemikiran kritis dalam menerima hingga mengkonsumsi suatu informasi dari Instagram, dikarenakan Informasi memiliki kemampuan dalam mengubah persepsi dan perilaku individu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Arianita, V. B. J., Roosinda, F. W., & Ekantoro, J. (2021). Kampanye Digital pada Instagram @ Perhumas _ Indonesia melalui # IndonesiaBicaraBaik dalam Mewujudkan Masyarakat 5 . 0. Jurnal Intelektual Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 113–122.
Aris, M. (2018). Teori Difusi Inovasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Ekspresi & Persepsi.
Badri. (2019). adopsi inovasi aplikasi transportasi daring pada. Jurnal Kominfo.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Ku;Liah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fitri Jayanti. (2018). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Fitri Jayanti, Nanda Tika Arista Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura, 205–223.
Hidayat, D. (2020a). Iklan Layanan Masyarakat Covid-19 di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat di Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.
Hidayat, D. (2020b). Pengalaman Mahaiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19. Jurnal Digital Media & Relationship, 2(2), 75–84.
Hidayat. (2024). Persepsi Siswa Non Muslim Terhadap Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Tunas Bangsa Palembang. Journal of Islamic Education Management, Jurnal Raden Fatah.
Idtesis.com. (2021). Teori Lengkap Tentang Kampanye Digital menurut Teori dan Pendapat Ahli dan Contoh Tesis Kampanye Digital. Idtesis.Com.
Kementrian, K. (2021). Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat. Kilas Kementrian.
Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). PENGARUH KAMPANYE “ LET ’ S DISCONNECT TO CONNECT ” TERHADAP SIKAP ANTI PHUBBING ( SURVEI PADA FOLLOWERS OFFICIAL ACCOUNT LINE STARBUCKS INDONESIA ) PHUBBING ATTITUDE ( SURVEY IN LINE STARBUCKS INDONESIA OFFICIAL. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.
Nursyafitri, G. D. (2022). 4 Tahapan Teknik Analisis Data untuk Implementasinya. Dqlab.Id.
NUSANTARA, B. (2021). DIFFUSION OF INNOVATIVE THEORY: THE RISE OF ADVANCED TECHNOLOGY IN DIGITAL TRANSFORMATION ERA. BINA NUSANTARA University School of Accounting.
Putri, L. P. I. K. (2019). Perilaku Konsumen Pengguna Instagram di Era Marketing 4.0 Luh Putu Indah Kencana Putri. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 20–31.
Putri, N. T. (2022). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Andalas University Press.
Siregar, S. I., Leli, N., Tri Handayani, R., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2023). Jurnal Mirai Management Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.
Sari, Y. (2024). Strategi Digital Marketing Melalui Media Sosial Instagram Pada PT . Anugerah Santosa Abadi Di Surabaya. Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2.
Sari, Y., & Prasetya, D. H. (2022). LITERASI MEDIA DIGITAL PADA REMAJA, DITENGAH PESATNYA PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12–25.
Sri Sudarsih, I. W. (2023). Pentingnya Sikap Bijak Dalam Bermedia Sosial. Jurnal “Harmoni” Departemen Linguistik FIB UNDIP, 7, 111–115.
Suhendri, B., & Syaechurodji, S. (2022). Perancangan Aplikasi Arsip Digital Di Koni Kota Serang. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 5(2), 182–192. https://doi.org/10.47080/simika.v5i2.2098
Sukoco, O. P. (2004). Persepsi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Keolahragaan Terhadap Lembaga Pendidikan FIK UNY. Journal UNY, 1(1), 27–33.
Widyaputri, N., Suwu, E. A. A., & Tumiwa, J. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Dalam Pemasaran Bisnis Online Shop di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Society, 2(2), 1–9.