PARENTING COMMUNICATION PADA ANAK PENGGUNA MEDIA SOSIAL YOUTUBE DI USIA GOLDEN AGE (3-5 TAHUN)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mutia Nurul Azizah
Titin Suhartini

Abstract

Parenting merupakan interaksi antara anak dan orang tua dalam proses pengasuhan. Pengasuhan dalam hal ini memungkinkan orang tua untuk mendidik, membimbing, mendisiplinkan dan melindungi anak untuk mencapai kedewasaan menurut norma yang terapkan di masyarakat. Komunikasi dapat dilakukan secara verbal misalnya, satu orang berbicara dengan orang lain, atau bisa juga non-verbal seperti ekspresi cemberut di wajah yang menandakan bahwa dia marah. Komunikasi bisa positif atau negatif, efektif atau tidak efektif. Sangat penting bagi orang tua untuk menjadi mampu berkomunikasi secara terbuka dan secara efektif dengan anak-anak mereka. Media sosial YouTube sangat populer diantara semua kalangan usia, dari orang tua sampai anak usia dini. Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan paypal pada Februari 2005. Golden age atau periode emas adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting  pada masa awal kehidupan anak. Golden age meliputi masa sejak bayi terlahir ke dunia hingga usia 5 tahun. Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan metode analisis deskriptif, Subjek yang digunakan yaitu orangtua yang memiliki anak usia golden age.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Desa, D. I., Kabupaten, K., & Awi, M. V. (2016). e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.2 . Tahun 2016. V(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12210/11789
Erlanti, M. S., Mulyana, N., & Wibowo, H. (2016). Teknik Parenting Dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13686
Hidayati, R. (2020). Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396
Hugo Aries Suprapto, Muhammad Rusdi, P. (2018). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi. Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan Bagi Guru Sekolah Dasar, 01(c), 81–88.
Indonesia, U. P. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31–41.
Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Journal Edukasi Informal, 127–134.
Pusitaningtyas, A. (2017). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of the ICECRS, 1(1), 935–942. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632
Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Tjahjono, P. E. (2018). Open access under Creative Commons Attribution-Non Commercial-Share A like 4.0 International Licence (CC-BY-SA) Record and Library Journal The Effectiveness of Youtube as a Student Learning Media (Study at the Faculty of Social and Political Sciences, University of Bengkulu) Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81–91. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/index.php/RLJ
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356