HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU REMAJA KELAS 8

THE RELATIONSHIP OF GADGET ADDICTION LEVEL WITH EMOTIONAL AND BEHAVIORAL DISORDERS IN CLASS 8 Adolescents

  • Intan Risma Juliani Universitas Advent Indonesia
  • Imanuel Sri Mei Wulandari Universitas Advent Indonesia
Keywords: Remaja, Kecanduan Gadget, Emosi dan Perilaku

Abstract

Gadget adalah suatu perangkat elektronik yang memiliki ukuran kecil yang mempunyai banyak fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia,tetapi kadang banyak anak yang menyalah gunakan gadget. Penyalahgunaan gadget membuat angka remaja dengan kecanduan gadget semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan gangguan emosi dan perilaku. Menganalisis hubungan tingkat kecanduan gadget dengan  gangguan emosi dan perilaku remaja kelas 8 di SMP Negeri 29 Bandung. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan menggunakan rancangan belah lintang (cross secional). Sampel penelitia ini berjumlah 100 orang yang diperoleh secara random sampling. Intrument yang digunakan untuk data tingkat kecanduan gadget diperoleh dengan menggunakan Smartphone Addiction Scale-Short Version (SAS-SV), kuesioner durasi penggunaan gadget dari penelitian Melissa Halim (2010) dan data gangguan emosi dan perilaku menggunakan  Strenghts and Difficulties Questionnaire (SDQ) untuk remaja. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil hitungan SPSS, didapatkan hasil tingkat kecanduan gadget siswa kelas 8 menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami tingkat kecanduan gadget dalam kategori rendah. Gangguan emosi dan perilaku menunjukkan bahwa sebagian besar responden dalam kategori normal. Berdasarkan analisis statistik menggunakan uji chi-square, didapatkan hasil Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi remaja kelas 8. Dengan p value 0,03 dimana lebih kecil dari nilai alfa. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi remaja kelas 8 di SMP Negeri 29 Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, L. A. and R. F. A. (2017). pengertian gadget.

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU REMAJA USIA 11-12 TAHUN. Farid Agung Rahmadi JKD, 6(2), 148–157.

Azizah, D. N. (2021). KEBIJAKAN SEKOLAH TERHADAP PENGGUNAAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU.

Baderi, & Ekawati, D. (2020). HUBUNGAN GADGET ADDICTION TERHADAP EMOSI DAN PERILAKU REMAJA (Studi di KELAS VIII SMPN 1 PETERONGAN). Insan Cendekia, 7(2), 114–120.

Darmiah. (2020). PERKEMBANGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSI ANAK USIA MI.

Derry, I. B. A. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). OPTIMASI GADGET DAN IMPLIKASINYA TERHADAP POLA ASUH ANAK. Inovasi Penelitian, 1(8), 1701–1710.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja (Vol. 02).

Fhadila, K. D. (2017). Menyikapi perubahan perilaku remaja. Jurnal Penelitian Guru Indonesia-JPGI, 2(2).

Garini, 2017, Pengertian Smartphone. Smartphone For the Smart People. Rohman : 27.

Indraswari, P. P. (2019). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SMA RAMA SEJAHTERA KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR. 10–13.

Prasetyo, R. A. (2017). HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GADGET (SMARTPHONE) DENGAN EMPATI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Sari, L., Susanti, A. Y., & Hajimi. (2019). HUBUNGAN PAPARAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA REMAJA KELAS VII DAN VIII SMP NEGERI 04 PONTIANAK TIMUR. Yarsi, 30–40.

Saleh, A. A. (2018). Buku Pengantar Psikologi. In Aksara Timur (pp. 107–120).

Setiawan, F., & Winarti, Y. (2021). Literature Review Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Gangguan Emosional Remaja. In Borneo Student Research (Vol. 3, Issue 1).

Published
2022-04-21
How to Cite
Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU REMAJA KELAS 8. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 30-40. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/707