INTERVENSI NON-FARMAKOLOGIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA MAHASISWA: SEBUAH NARRATIVE REVIEW

  • Gerald Betharayoga Gerliandi Department of Mental Health Nursing, Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran
  • Maniatunufus Department of Mental Health Nursing, Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran
  • Risma Dwi Nur Pratiwi Department of Mental Health Nursing, Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran
  • Habsyah Saparidah Agustina Department of Mental Health Nursing, Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran
Keywords: Intervensi Non Farmakologis, Kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa merupakan peserta didik berusia 18 sampai 25 tahun yang terdaftar dan menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan semakin tinggi tekanan psikis yang akan dialami, tekanan tersebut di antaranya dapat menimbulkan kecemasan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui jenis intervensi non farmakologis yang efektif untuk mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Kriteria inklusi berupa artikel menggunakan bahasa Inggris dan / atau Indonesia, full-text, mahasiswa sebagai sampel penelitian, dan publikasi artikel selama 10 tahun terakhir (2011-2021). Kata kunci pencarian artikel berbahasa Indonesia menggunakan “mahasiswa” DAN “terapi non farmakologis” DAN “kecemasan akademik”, sedangkan artikel berbahasa inggris menggunakan “college student” “non pharmacological therapyORnon pharmacological interventionANDacademic anxiety”. Total hasil pencarian artikel dari database PubMed, Springer, dan searching engine Google Scholar adalah sebanyak 19,037 artikel. Setelah penyeleksian didapatkan 7 artikel yang digunakan dan didalamnya memuat 5 buah program intervensi (inhalasi aromaterapi peppermint, relaksasi otot progresif, mendengarkan bacaan Al-Qur’an, mindfulness-based stress reduction (MBSR), dan imajinasi terbimbing). Studi literatur menunjukkan semua program dinyatakan efektif dapat mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengembangkan intervensi non farmakologis lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gerald Betharayoga Gerliandi, Department of Mental Health Nursing, Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Risma Dwi Nur Pratiwi, Department of Mental Health Nursing, Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padajadjaran

References

Akbari, F., Rezaei, M., & Khatony, A. (2019). Effect of peppermint essence on the pain and anxiety caused by intravenous catheterization in cardiac patients: A randomized controlled trial. Journal of Pain Research, 12, 2933–2939. https://doi.org/10.2147/JPR.S226312

Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00

Apriyani, Y. (2015). Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Jurnal Keperawatan, 2(13), 6–10.

Budiarto, F., Nugrahayu, E. Y., & Riastiti, Y. (2021). Hubungan tingkat kecemasan dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru kedokteran unmul saat pembelajaran online. Jurnal Verdure, 3(1), 18–24.

Dehghan-nayeri, N., & Adib-Hajbaghery, M. (2011). Effects of progressive relaxation on anxiety and quality of life in female students: A non-randomized controlled trial. Complementary Therapies in Medicine, 19(4), 194–200. https://doi.org/10.1016/j.ctim.2011.06.002

De Lijster, J. M., Dierckx, B., Utens, E. M. W. J., Verhulst, F. C., Zieldorff, C., Dieleman, G. C., & Legerstee, J. S. (2017). The age of onset of anxiety disorders: A meta-analysis. Canadian Journal of Psychiatry, 62(4), 237–246. https://doi.org/10.1177/0706743716640757

Dobkin, P. L., & Zhao, Q. (2011). Increased mindfulness - The active component of the mindfulness-based stress reduction program? Complementary Therapies in Clinical Practice, 17(1), 22–27. https://doi.org/10.1016/j.ctcp.2010.03.002

Ghiasi, A., & Keramat, A. (2018). The effect of listening to holy quran recitation on anxiety: A systematic review. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 23(6), 411–420. https://doi.org/10.4103/ijnmr.IJNMR_173_17

Hashmat, S., Hashmat, M., Amanullah, F., & Aziz, S. (2008). Factors causing exam anxiety in medical students. Journal of the Pakistan Medical Association, 58(4), 167–170.

Hamzeh, S., Safari-Faramani, R., & Khatony, A. (2020). Effects of Aromatherapy with Lavender and Peppermint Essential Oils on the Sleep Quality of Cancer Patients: A Randomized Controlled Trial. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/748020

Handayani, R., Fajarsari, D., Asih, D. R. T., & Rohmah, D. N. (2014). The Effect of Murottal Al-Quran Therapy for Reducing Labor Pain and Anxiety in Stage I Maternity Active Phase. Journal Ilmiah Midwive, 5(2), 1–15.

Hanish, J. B. (2013). Guided Imagery as Treatment and Prevention for Anxiety, Chronic Stress, and Illness. SSRN Electronic Journal, 1(2), شماره 8; ص 99-117. Retrieved from http://www.eldis.org/vfile/upload/1/document/0708/DOC23587.pdf%0Ahttp://socserv2.socsci.mcmaster.ca/~econ/ugcm/3ll3/michels/polipart.pdf%0Ahttps://www.theatlantic.com/magazine/archive/1994/02/the-coming-anarchy/304670/%0Ahttps://scholar.google.it/scholar?q=Scha

Hayati, F. K. (2017). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Peppermint terhadap Nausea pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea dengan Anestesi Spinal.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Idham, A. F., & Ridha, A. A. (2017). Apakah Mendengarkan Murrotal Al-Quran Dapat Menurunkan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa? Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 9(2), 141–154. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss2.art1

İnangil, D., Şendir, M., Kabuk, A., & Türkoğlu, İ. (2020). The Effect of Music Therapy and Progressive Muscle Relaxation Exercise on Anxiety Before the First Clinical Practice in Nursing Students: A Randomized Controlled Study. Florence Nightingale Journal of Nursing, 28(3), 341–349. https://doi.org/10.5152/fnjn.2020.19075

Jyothimol, & Lobo, S. M. (2020). International Journal of Nursing and Health Research Effectiveness of relaxation technique in reducing stress among nursing students, 54–56.

Kang, Y. S., Choi, S. Y., & Ryu, E. (2009). The effectiveness of a stress coping program based on mindfulness meditation on the stress, anxiety, and depression experienced by nursing students in Korea. Nurse Education Today, 29(5), 538–543. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2008.12.003

Katili, D. N. O., & Aisya, M. W. (2019). The Impact of Aroma Therapy Variation on Reducing Pain and Anxiety Levels of Maternity Women, 0966(6), 204–211. https://doi.org/10.36349/EASJNM.2019.v01i06.005

Khouw, N. S., Setyawan, A., Oktavianto, E., & Suib. (2021). Pengaruh Aromaterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Keperawatan STIKES Surya Global Yogyakarta, 2(1), 27–38.

Kusumawardhani, A. (2014). Pelatihan resiliensi untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik pada remaja. Program Profesi Magister Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–20.

Li, S., & Wang, H. (2018). Traditional Literature Review and Research Synthesis. The Palgrave Handbook of Applied Linguistics Research Methodology, 123–144. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59900-1

Livana, Daulima, N. H. C., & Mustikasari. (2018). Relaksasi Otot Progresif Menurunkan Stres Keluarga Yang Merawat Pasien Gangguan Jiwa. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(1), 51–59. https://doi.org/10.7454/jki.v21i1.362

Maghaminejad, F., Adib-Hajbaghery, M., Nematian, F., & Armaki, M. (2020). The effects of guided imagery on test anxiety among the 1st-year nursing students: A randomized clinical trial. Nursing and Midwifery Studies, 9(3), 130–134. https://doi.org/10.4103/nms.nms_65_18

Mahmoud, J. S. R., Staten, R. T., Hall, L. A., & Lennie, T. A. (2012). The relationship among young adult college students’ depression, anxiety, stress, demographics, life satisfaction, and coping styles. Issues in Mental Health Nursing, 33(3), 149–156. https://doi.org/10.3109/01612840.2011.632708

Merakou, K., Tsoukas, K., Stavrinos, G., Amanaki, E., Daleziou, A., Kourmousi, N., … Barbouni, A. (2019). The Effect of Progressive Muscle Relaxation on Emotional Competence: Depression–Anxiety–Stress, Sense of Coherence, Health-Related Quality of Life, and Well-Being of Unemployed People in Greece: An Intervention Study. Explore, 15(1), 38–46. https://doi.org/10.1016/j.explore.2018.08.001

Mohebi, S., Sharifirad, G. H., Shahsiah, M., Botlani, S., Matlabi, M., & Rezaeian, M. (2012). The effect of assertiveness training on student’s academic anxiety. JPMA. The Journal of the Pakistan Medical Association, 62(3 Suppl 2).

Mujahidinn, E., Bahagia, Mangunjaya, F. M., & Wibowo, R. (2021). The Impact and Strategy for Combating the Outbreak Covid-19 in Student. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Nasution, L. H., & Rola, F. (2012). Hubungan Antara Kecemasan Akademik dengan Academic Self Management pada Siswa SMA Kelas X Unggulan.

Oktavianto, E. (2020). Efektifitas Aromaterapi Lavender terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Berkala Kesehatan, 6. https://doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8356

Oltmanns, T.F., Emery. R.E. (2013). Psikologi Abnormal. Edisi ke-7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pigott, T. A. (1999). Gender differences in the epidemiology and treatment of anxiety disorders. Journal of Clinical Psychiatry, 60(SUPPL. 18), 4–15.

Pratiwi, A. P. (2009). Hubungan antara kecemasan akademik dengan self-regulated learning pada siswa rintisan bertaraf internasional SMA Negeri 3 Surakarta. Skripsi, 1–246.

Rihiantoro, T., Oktavia, C., & Udani, G. (2018). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Peppermint Inhalasi terhadap Mual Muntah pada Pasien Post Operasi dengan Anestesi Umum. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14(1), 1. https://doi.org/10.26630/jkep.v14i1.1000

Riyadi, A. (2013). Zikir Dalam Al-Quran Sebagai Terapi Psikoneurotik (analisis terhadap Fungsi bimbingan dan konseling islam). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 41. Retrieved from http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1070/982

Sanitiara., Nazriati. E., & Firdaus. (2014). Hubungan Kecemasan Akademis dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Kedokteran, 1(2), 1-9.

Semerci, R., Öztürk, G., Akgün Kostak, M., Elmas, S., İhsan Danacı, A., & Musbeg, S. (2021). The effect of progressive muscle relaxation exercises on compassion satisfaction, burnout, and compassion fatigue of nurse managers. Perspectives in Psychiatric Care, 57(3), 1250–1256. https://doi.org/10.1111/ppc.12681

Setyawan, A., & Oktavianto, E. (2020). Efektifitas Aromaterapi Lavender terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Berkala Kesehatan, 6(1), 9. https://doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8356

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(March), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Song, Y. (2011). 간호대학생의 우울, 스트레스, 불안, 마음 챙김에 관한 연구. Korean J Adult Nurs, 23(4), 397–402.

Song, Y., & Lindquist, R. (2015). Effects of mindfulness-based stress reduction on depression, anxiety, stress and mindfulness in Korean nursing students. Nurse Education Today, 35(1), 86–90. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.06.010

Suarti, N. K. A., Astuti, F. H., Gunawan, I. M., Ahmad, H., & Abdurrahman. (2020). Layanan Informasi Dalam Rangka Meminimalisir Kecemasan Akademik Siswa, 1(2), 111–117.

Suratmi, Abdullah, R., & Taufik, M. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 1,11,15.

Widodo, S. A., Laelasari, L., Sari, R. M., Dewi Nur, I. R., & Putrianti, F. G. (2017). Analisis Faktor Tingkat Kecemasan, Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 67. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1581

World Health Organization. (2017). Depression and Other Common Mental Disorder: Global Health Estimates.

Zargarzadeh, M., & Shirazi, M. (2014). The effect of progressive muscle relaxation method on test anxiety in nursing students. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 19(6), 607–612.

Zavera, D. F., & Suherman, M. M. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Prestasi Akademik Mahasiswa di Kota Bandung. Fokus, 1(3), 111–116.

Published
2021-09-30
How to Cite
Gerliandi, G. B., Maniatunufus, Pratiwi, R. D. N., & Agustina, H. S. (2021). INTERVENSI NON-FARMAKOLOGIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA MAHASISWA: SEBUAH NARRATIVE REVIEW. Jurnal Keperawatan BSI, 9(2), 234-245. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/624