Pengetahuan Keluarga Tentang Hipertensi Pada Lansia

  • Rika Mustika Universitas Padjadjaran
  • Sukmawati
  • Iwan Suhendar Universitas Padjadjaran
Keywords: Hipertensi, keluarga, lansia, pengetahuan

Abstract

Hipertensi saat ini menduduki urutan pertama dari 10 penyakit yang sering dialami lansia di Indonesia. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kejadian hipertensi pada lansia, salah satu faktor  yang dapat mengendalikan hipertensi pada lansia adalah pengetahuan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan keluarga tentang penyakit hipertensi pada lansia. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki lansia hipertensi. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 orang yang dihitung berdasarkan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel Random sampling. Instrument yang digunakan berupa kuisioner dengan  20 pertanyaan yang telah digunakan oleh Nuggraha (2014) Instrumen ini telah dilakukan uji validitas dengan mengunakan  person product woman dengan nilai r hitung >0,3061 sedangkan  uji reabilitas menggunakan Alpha cronbach dengan nilai r = >0,785. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Univariat. Penelitian dilakukan pada bulan November 2019 di Wilayah kerja Puskesmas Guntur Garut. Hasil dari penelitian menunjukan sebagian besar keluarga 64 orang (62,1%) memiliki pengetahuan cukup tentang hipertensi, sehingga dapat di simpulkan bahwa sebagian besar  keluarga memiliki pengetahuan yang cukup tentang hipertensi. Diharapkan petugas Puskesmas lebih intensif memberikan penyuluhan pada lansia dan keluarganya agar dapat melakukan perawatan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, T. (2015). Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada Volume 13 Nomor 1 Februari 2015. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, 13(1), 228–239.

Arifin, M. H. Bin, Weta, I. W., & Ranawati, N. L. K. A. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada kelompok lanjut usia di wilayah kerja UPT puskesmas petang I kabupaten bandung tahun 2016. E-Jurnal Medika, 5(7).

Datat, G., Sylvia, E. I., & Manuntung, A. (2018). Pengaruh Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Self Efficacy dan Self Care Behavior Pasien Hipertensi di Kota Palangka Raya. Jurnal Surya Medika Volume 3 No. 2 [2018], 3(2), 132–143.

Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. (2018). Profil Kesehatan Kabupaten Garut 2018. Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Friedman, M. M. (2014). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori & Praktik. EGC.

Haryanto, A. (2008). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Kepala Keluarga Dalam Upaya Mengontrol Hipertensi Pada Lansia Di Desa Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Srangen.

Kemenkes, R. (2017). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Pusdatin Kemenkes RI. GEN. Pusdatin Kemenkes RI.

Lingga, L. (2012). Bebas Hipertensi Tanpa Obat. PT AgroMedia Pustaka.

Muhith, A., & Siyoto, S. (2016). Pendidikan Keperawatan Gerontik. ANDI.

Notoatmodjo, S. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Novitaningtyas, T. (2014). Hubungan Karakteristik (Umur, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan) dan Aktivitas Fisik dengan Tekanan Darah pada Lansia di Kelurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.

Nugraha, B. K. A., Muhlisin, H. M. A., & Zulaicha, E. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Dengan Sikap Pencegahan Komplikasi Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sangkrah Surakarta.

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2015). Aplikasi asuhan keperawatan berdasarkan diagnosa medis & Nanda NIC-NOC. MediAction.

Nursalam. (2016). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

P2PTM Kemenkes. (2020). Hari Hipertensi Dunia 2019 : “Know Your Number, Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK.” In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Pangestu, I. A. (2017). HubungN Pengetahuan Keluarga Tentang Diet Hipertensi Dan Kecemasan Lansia Dengan Terkontrolnya Tekanan Darag Di Posyandu Lansia Sejahtera Tipes Surakarta.

Senoaji, A. U. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan keluarga tentang diit hipertensi dan tingkat stres dengan frekuensi kekambuhan hipertensi pada lansia.

Suriantun. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian hipertensi di posyandu lansia dusun pundung nogotirto gamping sleman yogyakarta.

Utomo, P. T., Muhlisin, H. M. A., & Haryatun, N. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Upaya Pencegahan Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia Di Desa Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Wahyuni, & Eksanoto, D. (2013). Hubungan tingkat pendidikan dan jenis kelamin dengan kejadian hipertensi di kelurahan jagalan di wilayah kerja puskesmas pucangsawit surakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia.

Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Nuha Medika.

WhO. (2015). Prevalensi Lansia di Dunia. 2015.

Wulandari, R., & Puspita, S. (2019). Hubungan Pengetahuan, Dukungan Keluarga Dan Peran Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Penderita Hipertensi Dalam Menjalani Pengobatan. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4(3), 340–352.

Zaenurrohmah, D. H., & Rachmayanti, R. D. (2017). Hubungan pengetahuan dan riwayat hipertensi dengan tindakan pengendalian tekanan darah pada lansia. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(2), 174–184. https://doi.org/10.20473/jbe.v5i2.2017.174-184

Zaini, A., Ratnawati, L. Y., & Ririanty, M. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan , Sikap , dan Tindakan Keluarga tentang Diet Rendah Garam dengan Konsumsi Lansia Hipertensi ( Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember ) Correlation Between Knowledge , Attitude , and Action of Family about Lo.
Published
2020-09-30
How to Cite
Mustika, R., Sukmawati, & Suhendar, I. (2020). Pengetahuan Keluarga Tentang Hipertensi Pada Lansia . Jurnal Keperawatan BSI, 8(2), 197-204. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/370