Perancangan Aplikasi IT Helpdesk Berbasis Web di PT. Panca Abadi Nan Jaya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdurahman Fauzi
Asep Topan Suryadi

Abstract

Dalam perusahaan, Helpdesk merupakan sebuah bagian atau departement yang melakukan proses untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada dan dituntut untuk aktif melayani dan menanggapi kebutuhan pengguna. Perkembangan Helpdesk diharapkan dapat mengatasi permasalahan dan memberikan layanan terhadap seluruh permasalahan baik yang bersifat internal maupun seluruh permasalahan operasional aplikasi ataupun hal-hal yang berhubungan dengan sistem dan teknologi informasi. Helpdesk merupakan bantuan informasi yang menangani permasalahan atau troubleshooting. Sistem Helpdesk Informasi Teknologi pada PT. Panca Abadi Nan Jaya saat ini yang digunakan hanya menggunakan email, telepon dan aplikasi android yaitu what’sapp. Bila ada suatu masalah yang berkaitan dengan perangkat IT, pihak user langsung menghubungi IT melalui telepon atau what’sapp. Tetapi ada keluhan dari user apa permasalahan nya sudah di kerjakan atau belum dikerjakan, karena pihak IT terkadang lupa memberi informasi ke pihak user apakah keluhan nya sudah di kerjakan atau belum oleh pihak IT. Maka dari itu penulis mencoba merancang sistem aplikasi IT Helpdesk berbasis Web. Hasil aplikasi Helpdesk mampu mempersingkat waktu pengolahan data, mengurangi masalah human error dalam proses pencatatan data, menghasilkan laporan-laporan helpdesk dengan cepat dan akurat, serta diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan perusahaan.


Kata Kunci: Helpdesk, Troubleshooting, Web

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdullah, D., Herawati, & Herliana. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Siswa SMP Islam Swasta Darul Yatama Berbasis Web. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 4(1), 39–44. Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1325/1313
Cassandra, C. (2015). Pengembangan Model Sistem Informasi Aplikasi Helpdesk Online PT. Mustika Memadata. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(2), 173. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i2.2262
Darmawan, D., & Senjaya, W. (2017). Sistem Aplikasi Helpdesk Online Berbasis Web Pada PT XYZ. Teknik Dan Ilmu Komputer, 07(25), 79–96. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.4432-12.2013
Indrajit, R. E. (2013). Evolusi perkembangan teknologi informasi. 7(C), 1–5.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Pranoto, Hakim, F. N., & Utomo, V. G. (2015). Perancangan Aplikasi Helpdesk Servis Software Dan Hardware Berbasis Web (Studi Kasus : PT. Karya Zirang Utama Semarang). Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(3), 59–67.
Rico. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi It- Helpdesk ( Studi Kasus : Pt . Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry ). Teknologi Informasi, 10(2), 296–305.
Verawati, L. (2018). P E R AN G K AT L U N A K H E L P DE S K T I C K E T I NG BERBASIS WEB DI PT . MEPROFARM BANDUNG. 11(2).