Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Phitsa Mauliana
Wildan Wiguna
Abrian Yudha Permana

Abstract

Helpdesk adalah layanan yang menyediakan informasi dan dukungan bagi pengguna komputer, terutama di perusahaan. Organisasi yang memiliki investasi besar terhadap teknologi atau yang melayani banyak pengguna akhir terus mencari cara yang efisien untuk memberikan dukungan teknis. Biaya pemeliharaan untuk sistem lama dapat menjadi sangat mahal, serta pada titik tertentu akan menjadi lebih efektif untuk beralih ke sistem yang baru. PT Akur Pratama merupakan perusahaan ritel yang mengandalkan IT Support dalam melakukan pemeliharaan sistem dan helpdesk. Dari kegiatan observasi pada perusahaan tersebut ditemukan beberapa permasalahan yang harus dibenahi. Karyawan internal perusahaan kesulitan dalam mengajukan komplain ketika terjadi permasalahan teknis dengan sistem operasional kerjanya. Terdapat biaya operasional yang tidak sedikit pada pemeliharaan sistem serta lamanya penanganan teknis yang dilakukan oleh IT Support. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun e-Helpdesk Support System berbasis web yang dapat membantu Service Desk untuk memantau pekerjaan IT Support beserta laporan komplain dari karyawan internal di PT Akur Pratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mampu menampung keluhan dari user client atau karyawan internal perusahaan sehingga memudahkan proses pengajuan komplain. E-Helpdesk Support System membantu pihak manajemen dalam menghemat biaya operasional serta mempercepat penanganan teknis oleh IT Support. Pengembangan sistem tersebut berhasil menyediakan fasilitas bagi Service Desk dalam memantau pekerjaan IT Support beserta perekapan laporannya di PT Akur Pratama.


Kata Kunci: e-Helpdesk Support System, IT Support, Pemrograman Web, PT Akur Pratama

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Akinnuwesi, B. A., Enikuomehin, O. A., Uzoka, F. M. E., Onwudike, O. C., Osamiluyi, A., & Aribisala, B. S. (2014). Electronic Helpdesk Support System in Tertiary Institutions in Developing Countries. International Journal of Computer and Information Technology, 3(6), 1-12.
Beisse, F. (2014). A Guide to Computer User Support for Help Desk and Support Specialists. Florence: Cengage Learning, Inc.
Dean, J. (2018). Web Programming with HTML5, CSS, and JavaScript. Burlington: Jones & Bartlett Learning.
Hariyanti, I., & Wiguna, W. (2019). Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 33-45.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (7th ed.). Chicester: John Wiley & Sons.
Stair, R., & Reynolds, G. (2017). Fundamentals of Information Systems (9th ed.). Boston: Cengage Learning.
Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2).