SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KELAYAKAN KREDIT USAHA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAW & TOPSIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khusnul Khotimah Nst
Ilka Zufria
M Fakhriza

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini turut mengerek volume permintaan pinjaman bank yang terus berkembang. Seiring meningkatnya teknologi, permintaan pinjaman melalui bank juga mengalami peningkatan yang signifikan. Bank umumnya menetapkan beragam persyaratan untuk memenuhi permintaan pinjaman, yang semakin banyak seiring dengan kemajuan teknologi. Sistem pengambilan keputusan teknologi bertugas memilih solusi optimal dari berbagai kriteria yang tersedia. PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebuah institusi keuangan yang diakui oleh pemerintah, telah dipilih untuk menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada warga kota Medan. Dengan minat yang semakin meningkat dari masyarakat untuk memperoleh KUR, seleksi penerimaan KUR harus dilakukan melalui evaluasi teliti terhadap data yang diserahkan, sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dengan banyaknya kriteria, Bank menghadapi kesulitan dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan sistem pendataan pengajuan KUR dan menerapkan teknik sistem pendukung keputusan dengan algoritma SAW dan TOPSIS untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan menerapkan metode SAW dan TOPSIS untuk pengajuan KUR di PT. Bank Rakyat Indonesia. Data KUR akan diproses oleh sistem keputusan untuk mempercepat pengambilan keputusan pemberian KUR kepada nasabah bank. Hasil penelitian ini adalah website yang berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerimaan dana KUR.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aisyah, S. (2019). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing. Jurnal Teknovasi, 6(1), 1–16.
Alfiansyah, R., & Zufria, I. (2023). Decision Support Systems for Career Recommendations for Graduates in Islamic Broadcasting Communication Studies Using ANP and TOPSIS Methods. International Journal Software Engineering and Computer Science (IJSECS), 3(3), 474–486.
Batubara, M. Z., & Nasution, M. I. P. (2023). Sistem Informasi Online Pengelolaan Dana Sosial Pada Rumah Yatim Sumatera Utara. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(3), 164–171.
Ickhsan, M., Anggraini, D., Haryono, R., Sahir, S. H., & Rohminatin. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(2), 97–102.
Jony, J., Sitorus, S., Hana, K., Purba, B., & Basmar, E. (2021). Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Yayasan Kita Menulis.
Novita, N., & Suendri, S. (2018). Penentuan Beasiswa Bidik Misi Dengan Menggunakan Technique For Others Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 94–97.
Pujiana, P. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Dengan FMADM Metode SAW (Studi Kasus Desa Mbarung Datuk Saudane) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Rahmansyah, W., Zufria, I., & Fakhriza, M. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SSD Laptop Menggunakan Kombinasi Metode AHP dan SAW. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(2), 1192–1199. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1257
Shenita, E., & Suendri. (2023). Web-Based Village Fund Assistance Distribution Information System Using the Quota Based Method. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 8(2), 708–718.
Solangi, Y. A., Longsheng, C., & Shah, S. A. A. (2021). Assessing and overcoming the renewable energy barriers for sustainable development in Pakistan: An integrated AHP and fuzzy TOPSIS approach. Renewable Energy, 173, 209–222. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S096014812100505X
Syahputra, M. D. A., Santoso, H., & Sibrani, F. H. (2024). Implementasi Sistem Pengelolaan Persediaan dengan Algoritma FIFO Pada Gudang Sparepart Sepeda Motor. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(1), 168–176.
Syahranitazli, & Samsudin. (2023). Sistem Informasi Geografis Persebaran Pondok Pesantren Kabupaten Langkat Dan Binjai Menggunakan Leaflet. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(1), 2621–1467.
Zufria, I., Nasution, Y. R., & Surya, A. H. (2021). Decision Support System To Choose Smartphone Using Topsis Method. Jurnal INFOKUM, 10(1), 196–205.