Model Niat Kunjungan Kembali di Industri Restoran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suresh Kumar
Yuyus Suriana
Diana Sari
Meydia Hasan

Abstract

Saat ini industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan kontribusi yang sangat besar dalam produk domestic bruto. Pertumbuhan restoran juga sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian negara, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja. Meskipun demikian, pertumbuhan yang pesat untuk industi makanan tidak menjamin tidak jatuhnya korban. banyak dijumpai restoran gulung tikar akibar ekspansi restoran lokal dan luar negeri yang banyak diakibatkan oleh kesalahan tata kelola khususnya pelayanan yang diberikan dan juga kualitas makanan yang kalah dari restoran lokal yang baru buka maupun yang datang dari luar negeri. Sehingga, tujuan dari makalah penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Kualitas Bukti Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Niat Mengunjungi Kembali. Metode kuantitatif dengan pendekatan pemodelan persamaan struktural untuk menguji hipotesis dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Kualitas Bukti Fisik memiliki korelasi terhadap Kepuasan Pelanggan. Meskipun demikian hanya Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Di samping itu, kepuasan pelanggan bukan saja memiliki korelasi yang tinggi tetapi juga secara signifikan mempengaruhi niat mengunjungi kembali. Kebaruan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah konstruk kualitas layanan dan makanan di desain dari beberapa penelitian sehingga lebih lengkap ketimbang lainnya. Di samping itu juga hasil yang diperoleh berbeda dimana dipenelitian terdahulu kualitas bukti fisik sebagai faktor penentu kepuasan pelanggan sedangkan dalam penelitian ini kualitas makanan dan pelayanan yang menjadi faktor penentu kepuasan pelanggan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kumar, S., Suriana, Y., Sari, D., & Hasan, M. (2019). Model Niat Kunjungan Kembali di Industri Restoran. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 74-84. https://doi.org/10.51977/jsm.v1i1.93

References

Agnes K.Y., Law Y.V., dan Zhao, H.X. (2004),"Modeling repurchase frequency and customer
satisfaction for fast food outlets", International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 21 Iss 5 pp. 545 – 563.

Agregasi (2017). Melihat Peluang Sektor Makanan dan Minuman di Era Industri 4.0. Retrieved from https://economy.okezone.com/read/2018/03/22/320/1876420/melihat-peluang-sektor-makanan-dan-minuman-di-era-industri-4-0

Gaskin, J. & Lim, J. (2016), "Model Fit Measures", AMOS Plugin. Gaskination's StatWiki.
Hong Qin Victor R. Prybutok, (2009),"Service quality, customer satisfaction, and behavioral intentions in fast-food restaurants", International Journal of Quality and Service Sciences, Vol. 1 Iss 1 pp. 78 – 95

Liu, CH., Chou, SF., dan Jin-Hua Tu, B.G. (2015)," How “quality” determines customer satisfaction Evidence from the mystery shoppers’ evaluation ", The TQM Journal, Vol. 27 Iss 5 pp. 576 – 590.

Milos Bujisic Joe Hutchinson H.G. Parsa , (2014)," The effects of restaurant quality attributes on customer behavioral intentions ", International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 26 Iss 8 pp. 1270 – 1291.

Namkung, Y. and Jang, S. (2007), “Does food quality really matter in restaurant? Its impact on customer satisfaction and behavioral intentions”, Journal of Hospitality and Tourism Research, Vol. 31 No. 3, pp. 387-410.

Nanti, N. (2016). Industri Makanan Dan Minuman Indonesia Butuh Insentif dan "Cluster Industry. Retrieved from https://www.industry.co.id/read/414/adhi-s-lukman-industri-makanan-dan-minuman-indonesia-butuh-insentif-dan-cluster-industry.

Ramakrishnan Ramanathan Yun Di Usha Ramanathan , (2016)," Moderating roles of customer characteristics on the link between service factors and satisfaction in a buffet restaurant ",Benchmarking: An International Journal, Vol. 23 Iss 2 pp. 469 – 486.

Riadh Ladhari, (2009),"Service quality, emotional satisfaction, and behavioural intentions A study in the hotel industry", Managing Service Quality: An International Journal, Vol. 19 Iss 3 pp. 308 – 331.

Richard, M. (2018). Ini Tantangan Pengembangan Bisnis Restoran di Indonesia. Retrieved from https://industri.bisnis.com/read/20180726/12/821000/ini-tantangan-pengembangan-bisnis-restoran-di-indonesia.

Rong-Da Liang Jun-Shu Zhang, (2012),"The effect of service interaction orientation on customer satisfaction and behavioral intentionThe moderating effect of dining frequency", Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 24 Iss 1 pp. 153 – 170.

Ryu, K. and Han, H. (2010), “Influence of the quality of food, service, and physical environment on customer satisfaction in quick-casual restaurants: moderating role of perceived price”, Journal of Hospitality & Tourism Research, Vol. 34 No. 3, pp. 310-29.

Ryu, K., Lee, HR and Kim, W.G. (2012),"The influence of the quality of the physical environment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions", International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 24 Iss 2 pp. 200 – 223.

Yasmin, P.A. (2017). Industiri Makanan dan Minuman Melambat, Tumbuh 7,19%. Retrieved from https://finance.detik.com/industri/d-3677740/industri-makanan-dan-minuman-melambat-tumbuh-719

Young Namkung SooCheong (Shawn) Jang, (2008),"Are highly satisfied restaurant customers really different? A quality perception perspective", International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 20 Iss 2 pp. 142 – 155.