Dampak Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ditinjau Dari Kepemimpinan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Sandini

Abstract

Salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan adalah dengan adanya  kepemimpinan yang baik yang akan berdampak pada kepuasan kerja karyawan yang akan meningkatkan kinerja karyawan yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, pengaruh, hubungan, dan tingkat kesesuaian yang terdapat antara kepemimpinan, kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sample yang digunakan sebanyak 100 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif, sedangkan instrumen statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dan korelasi berganda.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara kepemimpinan, kepuasan kerja dan kinerja karyawan berada dalam kategori rendah. Dengan kata lain berdasarkan hasil penelitian tersebut akan jauh lebih baik jika lebih memproritaskan pada  indikator perhatian terhadap detail, orientasi hasil, orientasi tim, keagresifan serta hubungan rekan kerja.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sandini, D. (2019). Dampak Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ditinjau Dari Kepemimpinan . Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 19-27. https://doi.org/10.51977/jsm.v1i1.81

References

Hasibuan, Malayu, S. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, D. S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriani, E., & Waluyo, H. (2009). "Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja PNS dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening". STIE AUB Surakarta.

Kurniawati, E., & Troena, E. A. (2013). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan serta Dampaknya Pada Kepuasan Kerja”. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 11.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Revika Aditama.
Mathis, Robert L. dan Jackson, John H. (2006). Human Resources Management, Edisi ke 10. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2005). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Jakarta: Alfabeta.
Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2011. Organizational Behavior.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesembilan Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alphabeta.

Saks, A. (2006). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of Managerial Psycology Emerald Group Publishing Vol. 21 No.7, 600 - 619.

Utomo, S. B. (Juni 2010). "Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan". Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik Vol. 6 No. 3.