ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER PADA PT BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906 TBK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desi Astuti
Devi Yuniati Drajat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kinerja keuangan perusahaan perbankan sebelum dan sesudah merger pada PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website otoritas jasa keuangan (OJK). Variabel penelitian kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposito Ratio (LDR). Pengujian dalam penelitian ini dilakukkan dengan menggunakkan software SPSS versi 22. Untuk uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov dan untuk uji beda menggunakan paired sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t dua sampel berpasangan (paired sampel t-test) dapat disimpulkan terdapat 6 (enam) rasio keuangan yang mempunyai perbedaan secara signifikan yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposito Ratio (LDR) antara sebelum dan sesudah merger. Selain itu,  ada 1 (satu) rasio keuangan yang tidak terdapat perbedaan yaitu Non Performing Loan (NPL) menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan tidak mengalami perubahan yang signifikan yang mana terjadi peningkatan antara sebelum dan sesudah merger.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Astuti, D., & Drajat, D. Y. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER PADA PT BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906 TBK. Jurnal Sains Manajemen, 3(1), 30-40. https://doi.org/10.51977/jsm.v3i1.430

References

Amalia, F., & Ika, S. R. (2014). Kinerja Bank Di Indonesia Setelah Melakukan Merger Dan Akuisisi Dengan Kepemilikan Asing : Apakah Lebih Baik ? Jurnal Bisnis dan Ekonomi (Vol. 5 No. 1).

Aprilia, N. S., & Oetomo, H. W. (2015). Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Akuisisi Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Vol. 4 No. 12).

Bernardin, D. E. Y. and Pebryyanti, D. I. (2016) ‘Nilai Harga Saham Yang Dipengaruhi Oleh Laba Bersih dan Ukuran Perusahaan’, Jurnal Ecodemica, 4(1), pp. 74–85.

Bernardin, D. E. Y. and Tifani, T. (2019) ‘Financial Distress Predicted By Cash Flow and Leverage With Capital Intensity As Moderating’, Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), pp. 18–29. doi: 10.31846/jae.v7i1.188.

Chrismatani, H. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dengan Menggunakan Metode Camel. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen (Vol. 3 No. 3).

Dewi, G. I., & Purnawati, N. K. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Pada Bank Sinar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud (Vol. 5 No. 06).

Fahmi, I. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi. I. (2014). Pengantar Perbankan Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Fatima, Tajalli dan Ahehzad Amir. (2014). An Analysis of Impact of Merger and Aquicitition of Financiall Performance of Banks : A Case of Pakistan. Journal of poverty, Invesment and Development Vol. 5.

Harahap, S. S. (2009). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. Kuncoro, M., & Suhardjono. (2016). Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ilmi, S. M. (2014). Bank OCBC NISP Sebelum dan Sesudah Akuisisi. Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 2 No. 3).

Irawanto, D. B., & Yuniarti, T. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Vol. 5 No. 1).
Jumingan. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.

Kuncoro, M., & Suhardjono. (2016). Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Limbung, S. S. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Pada PT Bank UOB Buana Sebelum dan Sesudah Di Akuisisi Oleh United Overseas Bank Internasional Invesment Private Limited. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Vol. 1 No. 1).

Marzuki, M. A., & Widyawati, N. (2013). Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi : Studi Pada PT Bank CIMB NIAGA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Vol. 1 No. 2).

Moin, A. 2010. Merger, Akuisisi & Divestasi. Yogyakarta: Ekonosia.

Nedunchezhian, V. R dan Premalatha, K. (2013). Analysis and Impact of Financial performance of Comercial Banks After Mergers in India. International Journal of Marketing, Financial Services and Management Research Vol. 2 No. 3.

Pandia, F. (2012). Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Jakarta: Rineka Cipta.

Prakoso, O. A., & Yahya. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Pada PT Bank OCBC NISP. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Vol. 5 No. 6).

Restika, S. M. (2013). Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger : Bukti Empiris dari Industri Perbankan Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (Vol. 1 No. 2).

Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset, Bisnis dan Manajemen. Bandung: CV. Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suwardi. (2008). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger pada BPR BKK Purwodadi. Value Aded (Vol. 4 No. 2).

Suudyasona, A., & Fitria, A. (2015). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (Vol. 4 No. 3).

Siamat, D. (2005). Manajemen Lembaga Keuangan: Kebijakan Moneter dan Perbankan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.


Taswan. (2010). Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/24/2012.

Winarno, W. W. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews. Yogyakarta: Kanisius.

www.bi.go.id

www.bankwoorisaudara.com

www.ojk.go.id