Pengembangan Pemasaran Ekowisata Konservasi Penyu Hijau Dengan Bauran Pemasaran 4P di Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Dwi handayani
Dini Rahmawati

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini adalah tentang pengembangan pemasaran produk ekowisata konservasi penyu hijau yang berlokasi di pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pemasaran suatu produk ekowisata yang bersifat khusus yaitu konservasi penyu hijau. Sejauh ini, pengelola ekowisata konservasi tersebut belum melakukan pemasaran secara maksimal, seperti hanya melalui leaflet, papan pengumuman di kawasan pantai Goa Cemara dan penyebaran informasi dari mulut ke mulut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penulis melakukan pengamatan dan wawancara langsung di lokasi konservasi penyu hijau. Hasil dari pengamatan dan wawancara tersebut kemudian diidentifikasi dan dibuatlah konsep pengembangan pemasarannya. Pemasaran akan dikembangkan dengan menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place dan promotion, untuk memperkuat citra produk dan agar target sasaran wisatawan/pengunjung dapat terbidik secara tepat.


Kata Kunci : Pemasaran, Konservasi,  Bauran Pemasaran 4P


 


ABSTRACT


This research is about the marketing development of green turtle conservation ecotourism products located on the beach of Goa Cemara, Bantul Regency. The purpose of this research is to analyze the marketing of a special ecotourism product, namely green turtle conservation. So far, the conservation ecotourism manager has not done the marketing maximally, such as only through leaflets, announcement boards in the Goa Cemara beach area and the dissemination of information by word of mouth. This research method used a qualitative method where the authors conducted observations and direct interviews at the green turtle conservation site. The results of these observations and interviews are then identified and the concept of marketing development is made. Marketing will be developed using the 4P marketing mix, namely product, price, place and promotion, to strengthen the image of the product and so that the target tourists / visitors can be targeted precisely.


Keywords: Marketing, Conservation, Marketing Mix 4P

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dwi handayani, R., & Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Pemasaran Ekowisata Konservasi Penyu Hijau Dengan Bauran Pemasaran 4P di Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul. Jurnal Sains Manajemen, 2(2), 63-66. https://doi.org/10.51977/jsm.v2i2.317

References

Kotler, P dan Amstrong, G. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi V. Jilid 2. Jakarta: Intermedia.
Kotler, P and Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Pitana, I.G dan Diarta, I.K.S. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Wahyuni, S. 2012. Qualitative Research Method. Jakarta: Salemba Empat.
Yoeti, Oka. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta:Pradnya Paramita.