Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Marketing Mix pada Produk N2N untuk Meningkatkan Brand Awareness: Studi di PT Dekatama Centra

Authors

  • Mita Wydaswara
  • Ria Yuli Angliawati Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Mochamad Ricky Ariefianto Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.51977/3wq0qj47

Keywords:

Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Brand Awareness

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan penjualan produk di perusahaan. Strategi pemasaran dirumuskan oleh PT Dekatama Centra pada brand N2N untuk menghadapi dinamika pasar fashion muslim yang terus berkembang. Perusahaan dituntut untuk terus adaptif dan inovatif terhadap perkembangan zaman dalam upaya memasarkan produk yang dijualnya. Tanpa strategi pemasaran yang optimal, tujuan perusahaan tidak akan tercapai.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi & wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Dekatama Centra pada brand N2N menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup pengembangan produk dengan desain yang modis dan syar’i, penetapan harga yang kompetitif, distribusi melalui kanal offline dan online, serta promosi yang memanfaatkan media sosial dan endorsement dari public figure muslim. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness dan loyalitas konsumen, khususnya di kalangan wanita muslim milenial. Dengan demikian, strategi pemasaran marketing mix menjadi kunci untuk mempertahankan posisi N2N sebagai salah satu pelopor industri fashion muslim modern.

References

Aaker, D. A. (2018a). Building Strong Brands (Reprint). Free Press.

Aaker, D. A. (2018b). Building Strong Brands (Reprint). Free Press.

Abdurrahman, N. H. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran. Pustaka Setia.

Alip, M. N., Murdiani, T., & Agustin, E. (2025). Menguak Efektivitas Social Media Marketing dan Konten Kreatif dalam Membangun Kesadaran Merek. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(3), 1103–1116. https://doi.org/10.60036/jbm.519

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony, (2017), Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Haque, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori, dan Implementasi. Pascal Books.

Harsono, D. (2024). Analisis Komperatif Harga Produk Sembako di Pasar Moden dan Pasar Tradisional terhadap Daya Beli Masyarakat. Jurnal Edunomika, Vol.08(No. 02), 3.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education.

Litto, V., & Selamat, F. (2022). Ekuitas Merek Hotel Berbintang Di Jakarta: Peran Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 299–308. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20285

Monalisa, D. (2023). Strategi Pemasaran Mengukir Sukses melalui Strategi Pemasaran Terbaik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Pramesti, D. Z., & Sujana, I. N. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Apple. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 65–71. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i1.61833

Rumagit, G. G. P., & Vanel, Z. (2025). Analisis Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Aerostreet Dalam Membangun Brand Awareness. YUME: Journal of Management, 8(1), 1552–1567.

Sumarmi, M., & Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan) (Edisi ke-5). Liberty.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (Edisi Kedua). Andi.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi.

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Marketing Mix pada Produk N2N untuk Meningkatkan Brand Awareness: Studi di PT Dekatama Centra. (2025). Jurnal Sains Manajemen, 7(2), 66-74. https://doi.org/10.51977/3wq0qj47