Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aldina Shiratina
Deru R Indika
Imas Komariyah
Dewi Kania
Eka Hendriani Solihin

Abstract

ABSTRAK


Perkembangan internet mengubah cara bisnis, termasuk di bisnis ritel dimana model bisnisnya memanfaatkan menjadi layanan digital dalam proses transaksi yang dikenal istilahnya sebagai e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana dalam pemasaran online untuk menerapkan iklan secara online dan dalam mewujudkan minat beli konsumen. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif survey dengan menggunakan pendekatan verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Lazada di kota Bandung, dengan sampel sebanyak 96 pelanggan. Hasil temuan menunjukan bahwa penerapan iklan secara online memiliki dampak langsung terhadap minat beli di situs Lazada.


 


Kata Kunci : Iklan Online, Pemasaran Online dan Minat Beli Konsumen


 


 


ABSTRACT


The development of the internet is changing the way business, including in retail businesses where business models utilize digital services in transaction processing, known as e-commerce. The Purpose of this study is to examine how in online marketing to implement online advertising and in realizing consumer buying interest. This research also uses descriptive survey method using a verification approach. The population in this study is Lazada consumers in the city of Bandung, with a sample of 96 customers. The findings show that the implementation of online advertising has a direct impact on buying interest on the Lazada site.


Keywords : Online Advertising, Online Marketing and Consumer Buying Interest.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Shiratina, A., R Indika, D., Komariyah, I., Kania, D., & Hendriani Solihin, E. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sains Manajemen, 2(1), 15-23. https://doi.org/10.51977/jsm.v2i1.184

References

Aqsa, Muhammad & Kartini, Dwi. (2015). Impact Of Online Advertising On Consumer Attitudes And Interests Buy Online (Survey On Students Of Internet Users In Makassar). INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH VOLUME 4, ISSUE 04, APRIL 2015.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Dailysocial. (2019). Bisnis Digital Dominasi Iklan Televisi, Layanan Marketplace Belanjakan Hampir 5 Triliun Rupiah Tahun Ini Dailysocial.id. Retrieved 5 October 2019, from https://dailysocial.id/post/marketplace-dominasi-iklan-televisi-2018

Dailysocial. (2019). Lanskap E-commerce di Indonesia dari Perspektif Konsumen | Dailysocial.id. Retrieved 5 October 2019, from https://dailysocial.id/post/e-ecommerce-di-indonesia-2018

Durianto, Darmadi. 2001. STRATEGI MENAKLUKAN PASAR melalui Riset
Ekuitas dan Perilaku. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Durianto . 2003. Brand Equity ten, Strategi memimpin pasar . Jakarta. PT Gramedia puataka utama.

Fenalosa, Faldo. (2018). Kilas Balik Ecommerce Platform di Indonesia Tahun 2018. Iprice.co.id. Retrieved 5 October 2019, from https://iprice.co.id/trend/insights/kilas-balik-e-commerce-di-indonesia-tahun-2018/
iPrice insight. (2019). Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. Iprice.co.id. Retrieved 5 October 2019, from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Gunawan, F. A. & Dharmayanti, D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser terhadap Purchase Intention Pond’s Men dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2 (1): 1-14.

Guay, D., dan Ettwein, J. (1998).Internet Commerce Basics.Electronic Markets. Volume 8(1), 12-15.

Haider, Tashrifa & Shakib, Shadman. (2017). “A Study On The Influences of Advertisement On Consumer Buying Behavior”. Research Article: 2017 Vol: 9 Issue: 1. Business Studies Journal (Print ISSN: 1944-656X; Online ISSN: 1944-6578).

Herdaningtyas, G. & Iriani, F. (2017). Pengaruh Iklan dan Penggunaan Selebritas dalam Iklan terhadap Minat Beli Produk Melalui Kesadaran Merek sebagai Variabel
Intervening. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS), Fakultas
Ekonomi, Universitas Krisnadwipayana.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip.2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). “Marketing for Hospitality and Tourism”. The 5edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, Edisi kelima belas, Pearson Education

Lazada.co.id diakses tanggal 7 Januari 2019
Maala, Mary Grace O., Novenario, Janneke D.G. & Muya, Gerby R. (2018). “Cpmmunication Tools Of E-Commerce : Case Of Lazada”. LPU–Laguna Journal of Arts and Sciences Vol. 3 No. 1 August 2018.

Nurmala. 2011. "Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Sabun Mandi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh". Jurnal Aplikasi Manajemen. 9(1).

Pertiwi, Dian Sari. (2018). Per 16 Desember 2018, belanja iklan perusahaan marketplace capai Rp 4,97 triliun. kontan.co.id. Retrieved 5 October 2019, from https://industri.kontan.co.id/news/per-16-desember-2018-belanja-iklan-perusahaan-marketplace-capai-rp-497-triliun

Seock, Yoo‐Kyoung & Bailey, Lauren R. Hall, (2008) “The influence of college students' shopping orientations and gender differences on online information searches and purchase behaviours”. International Journal Of Consumer Studies. Volume32, Issue2. March 2008. Pages 113-121.

Simamora, 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama

Softwareseni. (2018). 5 Model Bisnis e-commerce (B2B, B2C, C2C, C2B, B2G). softwareseni.co.id. Retrieved 5 October 2019, from https://www.softwareseni.co.id/5-model-bisnis-ecommerce-b2b-b2c-c2c-c2b-b2g/

Trending bisnis (2019). Mengenal E-Commerce dan Jenisnya di Indonesia. Trendingbisnis.com. Retrieved 5 October 2019, from https://trendingbisnis.com/index.php/e-commerce-sharing/25-mengenal-e-commerce-dan-jenisnya-di-indonesia

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall
Shimp. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Wei, Jerome and Shan. 2010. Online Advertising: A Study of Malaysian Consumers. International Journal of Business and Information, Vol. 5, No. 2, Desember 2010.

Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Pengguna Youtube Dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 8 (1): 21 – 28. doi: 10.15408/ess.v8i1.5885.