PENGARUH PROMOSI DIGITAL DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI DESA WISATA BUNIHAYU KABUPATEN SUBANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kehadiran desa wisata dalam pengembangan pariwisata di dunia sudah sedemikian sangat esensial dikarenakan desa wisata mampu menonjolkan beragam destinasi dalam suatu kawasan pariwisata. Maksud dari penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran promosi digital, fasilitas wisata dan keputusan berkunjung wisatawan serta mengetahui seberapa berpengaruh promosi digital, fasilitas wisata dan keputusan berkunjung wisatawan di Desa Wisata Bunihayu Kabupaten Subang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi di dalam penelitian adalah wisatawan yang datang berkunjung ke desa wisata. Jumlah sampel dalam penelitian adalah berjumlah 100 responden dan menggunakan teknik probability sampling. Metode analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda menganalisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan fasilitas wisata memberi pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Keputusan berkunjung wisatawan ke desa wisata dipengaruhi oleh promosi digital dan fasilitas wisata.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ghani, Y. A. (2017). Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya di Jawa Barat. Jurnal Pariwisata, IV(1), 22–31.
Morrisan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana Danton.
Pratiwi, Z., & Prakosa, A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Di Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 74. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3851
Ramadhian, N. (2020). 251 Desa Wisata Jabar Dikembangkan Secara Bertahap, Targetnya Mendunia. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/10/06/174000727/251-desa-wisata-jabar-dikembangkan-secara-bertahap-targetnya-mendunia?page=all
Rdo. (2021). Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Desa Wisata untuk Bangkitkan Ekonomi Nasional. JPnn.Com. https://www.jpnn.com/news/sandiaga-uno-dorong-pengembangan-desa-wisata-untuk-bangkitkan-ekonomi
Sati, V. P. (2019). Potential and Forms of Sustainable Village Tourism in Mizoram, Northeast India. Journal of Multidisciplinary Academic Tourism, 4(1), 49–62. https://doi.org/10.31822/jomat.527278-nasional?page=3
Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong.
Sulistiyana, R. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(2), 86214
Tiffany, R., Kamala, S. S., & Phorkodi, M. (2018). A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Thoothukudi. International Journal of Science, Engineering and Management, 3(4), 613–617.
Tresnawati, Y. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika ’ s Catering di Media Sosial Mapping The Content of Digital Promotion For Culinary Bussines Kika’s Catering on Social Media. 3(1), 102-119.