ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT SWASTA X DI KOTA BANDUNG DENGAN METODE PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fransiska Yan Devina Mardiyanto
Purwadhi
Rian Andriani

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, persaingan dalam menghadapi era globalisasi juga terjadi pada rumah sakit. Tuntutan pasien dan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan mengharuskan rumah sakit dapat menyelenggarakan sistem pelayanan kesehatan yang efektif dan aman serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun beberapa rumah sakit dalam pengelolaannya masih belum sesuai dengan harapan masyarakat. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi organisasi bisnis termasuk rumah sakit. Pengukuran kinerja sangat berguna untuk membandingkan kinerja organisasi periode lalu, sekarang dan yang akan datang. Dengan kemajuan teknologi informasi dan perkembangan ilmu manajemen, sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan cara tradisional dinilai banyak memiliki kelemahan dan keterbatasan. Sehingga pada penelitian ini penulis menggunakan metode pengukuran Balanced Scorecard, yang merupakan salah satu metode pengukuran kinerja masa kini dengan mengukur   empat perspektif di dalamnya yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kinerja RS swasta X di kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian kualitatif ini yaitu studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu kepustakaan, wawancara dan observasi. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data yang telah dikumpulkan dari keempat persepektif yang dinilai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kinerja RS swasta X di kota Bandung, yang diukur dari empat perspektif, sudah termasuk baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mardiyanto, F. Y. D., Purwadhi, & Andriani, R. (2024). ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT SWASTA X DI KOTA BANDUNG DENGAN METODE PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 6(1), 51-60. https://doi.org/10.51977/jsj.v6i1.1846

References

Amany, D. (2008). Analisis Kinerja Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard.
Burney, L., & Swanson, N. (2010). The Relationship Between Balanced Scorecard Characteristics and Managers’ Job Satisfaction. Journal of Managerial Issues, 22, 166–181.
Hadiyanti, N. (2014). PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD.
Hanuma Endang Kiswara, S. S. (n.d.). ANALISIS BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor).
Hermansyah, I. (2017). Analisis Balance Scorecard dengan Pendekatan Kuantitatif sebagai Pengukuran Kinerja Dalam Menetapkan Pengembangan Corporate Performance Management. Jurnal Akuntansi , 12.
Kaplan, R., & Norton, D. (1996). The balanced scorecard: translating strategy into action. Harvard business press.
Kaplan, R. S. (2010). Conceptual Foundations of the Balanced Scorecard.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2004a). C O L L E C T I O N 2 Putting the Balanced Scorecard to Work 19 Measuring the Strategic Readiness of Intangible Assets 35 Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System 49 Having Trouble with Your Strategy? Then Map It Focusing Your Organization on Strategy-with the Balanced Scorecard, 2nd Edition. www.hbr.org
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2004b). C O L L E C T I O N 2 Putting the Balanced Scorecard to Work 19 Measuring the Strategic Readiness of Intangible Assets 35 Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System 49 Having Trouble with Your Strategy? Then Map It Focusing Your Organization on Strategy-with the Balanced Scorecard, 2nd Edition. www.hbr.org
Kopecka, N. (2015). The Balanced Scorecard Implementation, Integrated Approach and the Quality of Its Measurement. Procedia Economics and Finance, 25, 59–69. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00713-3
Lynch, R. L., & K. F. Cross. (1993). Performance Measurement System, Handbook of Cost Management. Warren Gorham Lamont.
Mahmudi. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN.
Mahsun, M. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE
Mardiasmo, M. B. A. (2021). Akuntansi Sektor Publik-Edisi Terbaru. Andi.
Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen : Sistem Pelipatgandaan Kinerja Perusahaan. Salemba Empat.
Nugraha, F. (2012). Analisis Kinerja Unit Gawat Darurat Pelayanan Kesehatan St. Carolus dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Universitas Indonesia.
Nugrahayu, E. R. (n.d.). PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN Endang Dwi Retnani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Pramita, R. (2015). Analisis pengukuran kinerja rumah sakit dengan pendekatan balanced scorecard pada rumah sakit daerah Madani Palu. E-Jurnal Katalogis, 3(5), 143–153.
Rai, I. G. A. (2008). Audit kinerja pada sektor publik: konsep, praktik, studi kasus. . Salemba.
Suryani, Y. T. (n.d.). IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RUMAH SAKIT Endang Dwi Retnani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA , Pub. L. No. 44 (2009)