IMPLEMENTASI CSR DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PT. ANGKASA PURA 1 KUPANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eugenia Oktaviani Adensi Laro
Mas’Amah
Veki Edizon Tuhana

Abstract

Bentuk tanggung jawab dan kontribusi perusahaan bagi masyarakat, implementasi CSR ini juga dilakukan sebagai upaya dalam mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena berisi tema yang relate dengan kondisi saat ini, di mana banyak perusahan sedang gencar melaksanakan CSR untuk membentuk pandangan positif dari publik dan masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan oleh PT. Angkasa Pura 1 Bandara El Tari Kupang dalam mempertahankan citra perusahaan, dengan menggunakan metode studi kasus dan dianalisis menggunakan teori Stimulus-Respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dan implementasi CSR berperan aktif dalam meningkatkan dan mempertahankan citra dan kredibilitas perusahaan. Ini dibuktikan dengan adanya kesan positif dan penilaian positif yang diberikan masyarakat, yang kemudian semakin meningkatkan citra perusahaan. Dari implementasi CSR melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, masyarakat menilai bahwa PT. Angkasa Pura 1 Bandara El Tari Kupang sudah memberikan kontribusi yang baik dan bertanggungjawab turut membangun lingkungan sekitar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Laro, E. O. A., Mas’Amah, & Tuhana, V. E. (2023). IMPLEMENTASI CSR DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PT. ANGKASA PURA 1 KUPANG. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 5(1), 21-29. https://doi.org/10.51977/jdigital.v5i1.965

References

Alfian, N., & Rahayu, R. P. (2019). Implementasi Program CSR dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pengembangan UKM di Pamekasan. Aktiva: Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 4(2), 188–197.
Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. In CV. Simbiosa Rekatama Media.
Ardianto, E., & Soemirat, S. (2004). Dasar-dasar public relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh faktor corporate social responsibility (aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan) terhadap citra perusahaan. Udayana University.
Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.
Imran, M. (2012). Peran public relations pada program CSR dalam rangka meningkatkan citra positif perusahaan. Jurnal LPPM: Paradigma, 9(01), 127–139.
Mayasari, M. (2020). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014-2018). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Moleong, J. (2009). Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif, 107–108.
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurjanah, N., & Rizky, D. (2019). PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PT. PLN KOTA PEKANBARU. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 8(2), 54–70.
Pura, A. (2022). Pemberadayaan Masyarakat dalam Bantuan CSR Angkasa Pura. https://ap1.co.id/id
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32.
Rita, R. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(1), 29–35.
SARI DEWI, R. (2009). AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI BAGIAN PROGRAM PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada Eksternal Relations dan Community Development VICO Badak). University of Muhammadiyah Malang.
Semuel, H., & Wijaya, E. (2008). Corporate social responsibility, purchase intention dan corporate image pada restoran di Surabaya dari perspektif pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(1), 35–54.
Sultoni, M. H. (2021). Corporate Social Responsibility (Kajian Korelasi Program CSR terhadap Citra Perusahaan). Duta Media.
Suwandi, S., Sularso, A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh kualitas layanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pos ekspres di kantor pos Bondowoso dan Situbondo. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 14(1).
Yusuf, W. (2007). Membedah konsep dan aplikasi CSR. Gresik: Faseho Publishing.