TINGKAT KECEMASAN REMAJA MENGENAI PEMBERITAAN COVID-19 DI MEDIA SOSIAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Banyaknya pemberitaan tentang Covid 19 di media sosial tanpa adanya penyaringan informasi dapat menimbulkan berbagai reaksi yang muncul secara bersamaan, contohnya seperti rasa kecemasan khususnya yang terjadi kepada remaja, karena usia remaja dapat dikatakan usia yang masih labil dalam menghadapi kondisi-kondisi yang tidak terduga. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan yang terjadi kepada Remaja mengenai pemberitaan tentang Covid-19 di media sosial. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dan siswi SMK PGRI Bungbulang Kab. Garut yang pernah mengalami gangguan kecemasan karena pemberitaan selama masa pandemic covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuk gejala kecemasan ternyata berawal dari rasa takut kecil yang terus bertahap menjadi lebih besar karena di pengaruhi oleh intensitas penggunaan media sosial yang tinggi, dan informasi yang tidak di saring sehingga mereka mengalami gejala yang mengarah kepada rasa kecemasan yang berlebihan yang terjadi dan dialami pada massa pandemic pada siswa dan siswi di SMK PGRI Bungbulang Kab. Garut.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Del Giudice, M., Buck, C. L., Chaby, L. E., Gormally, B. M., Taff, C. C., Thawley, C. J., Vitousek, M. N., & Wada, H. (2018). What Is Stress? A Systems Perspective. Integrative and Comparative Biology, 58(6), 1019–1032. https://doi.org/10.1093/icb/icy114
Hairah, Z., & Rizaldi, A. (2020). Merespon Nalar Kebijakan Negara Dalam Menangani Pandemi Covid 19 Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Indonesia, 7(1), 36–53. https://doi.org/10.24815/ekapi.v7i1.17370
Rahmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawaty, D., Husen, A., & Purwanto, A. (2021). Merajut sebagai kegiatan baru untuk terapi mengurangi kecemasan selama masa pandemi covid. 4, 107–113.
Rayani, D., & Purqoti, D. N. S. (2020). Kecemasan Keluarga Lansia Terhadap Berita Hoax Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 906–912.
Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62–67. https://doi.org/10.51214/bocp.v2i2.44
Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19. Kalijaga, 2(1), 14–34.
Uchjana, E. O. (2001). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi