Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemberitaan Di Media Massa Daring di Kota Garut

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zikri Fachrul Nurhadi
Haryadi Mujianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya bermunculan nama-nama baru media massa daring. Tidak hanya media massa yang sudah terdaftar resmi izinnya saja, bahkan akun media sosial yang menyajikan konten berita pun semakin banyak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepercayaan khalayak terhadap pemberitaan di media massa daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang berkuliah di Jawa Barat. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan rumus slovin adalah sebanyak 99 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat percaya terhadap informasi dari yang berasal dari media massa daring.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fachrul Nurhadi, Z., & Mujianto, H. (2020). Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemberitaan Di Media Massa Daring di Kota Garut . Jurnal Digital Media Dan Relationship, 2(2), 57-66. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i2.373

References

Alamsyah, Amaliasari dan Satriani. (2018). Tingkat Kepercayaan Khalayak Terhadap Pemberitaan Media Massa Di Kota Bogor.Jurnal Komunikasi Pembangunan. Volume 16. Nomor 2.

Alamsyah, Amaliasari dan Satriani. (2018). Relasi Tingkat Kepercayaan Khalayak Terhadap Pemberitaan di Media Massa dengan Budaya Membandingkan Informasi. Jurnal Komunikasi. Volume 10. Nomor 2.

A.S., Aa Bambang. (2014). Periode Perkembangan Media Massa. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Volume 18 Nomor 1.

Bajari, Atwar. (2015). Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Berger, Charles R, Rolof, Michael E dan Roskos-Ewoldsen, David R. (2015). Handbook Ilmu Komunikasi. Cetakan III. Bandung: Nusa Media.

Biagi, S. (2010). Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, Dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKis Yogyakarta.

Cangara, Hafied. (2014). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Izzati, Navia. (2015). Strategi Konvergensi Media Cetak Ke Media Online (Studi Pada Perubahan Platform the Student Globe). Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie. Volume 3. Nomor 3.

Khatimah, Husnul. (2018). Posisi dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Volume 16. Nomor 1.

L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Manggut, Wenseslaus. (2019). Meretas Kembali Jalan Jurnalisme di Era Digital. Jurnal Dewan Pers. Edisi 20.

Nurliah. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Tabligh Volume 19. Nomor 1.

Morissan, Wardhani, Andy Corry dan Hamid U, Farid. (2013). Teori Komunikasi Massa. Cetakan ke 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy & Solatun. (2013). Metode Penelitian Komunikasi: contoh-contoh penelitian kualitatif dengan pendekatan praktis. Cetakan ke 3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Zikri Fachrul. (2015). Teori-Teori Komunikasi: Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Raturahmi, Leadya. (2018). Perilaku Penggunaan Media Massa Pada Masyarakat Perdesaan. Jurnal Riset Komunikasi. Volume 1. Nomor 2.

Rosemarwati dan Lindawati. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sumber Berita Oleh Jurnalis Media Daring Di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Volume 23 No. 2.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, alfabeta, Jakarta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, alfabeta, Jakarta.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, alfabeta, Jakarta.

www.forlap.dikti.go.id-(diakses 1 April 2020)