Personal Brand Jokowi Dalam Pidato ‘Optimis Indonesia Maju’

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agustina Neno
Ferly Tanggu Hana
Monika Wutun

Abstract

Joko Widodo pada masa menjelang Pilpres 2019 merupakan calon presiden petahana yang dalam kampanyenya melakukan personal branding dengan meyampaikan pidato politiknya dalam acara Konvensi Rakyat di Sentul, Bogor, Jawa Barat (24/02/2019). Pidato tersebut berisikan kehidupan dan sepak terjang Jokowi di bidang politik dan kemudian diunggah pada akun youtube Metrotvnews. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding Jokowi dalam Pidato “Optimis Indonesia Maju” ditinjau menggunakan 8 hukum membentuk personal branding Peter Montoya; Untuk mendeskripsikan elemen-elemen brand image Jokowi dalam pidato ‘Optimis Indonesia Maju’. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif  dengan metode analisis isi kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitiannya adalah dari 8 konsep membentuk personal branding Peter Montoya, semuanya dapat dianalisis yakni spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Sedangkan elemen-elemen brand yang dikuatkan Jokowi dalam pidato ini yaitu nama, simbol, karakter, slogan dan pengemasan. Jingle adalah elemen brand image yang tidak ditemukan peneliti.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Monika Wutun, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Ilmu Komunikasi

FISIP - Universitas Nusa Cendana

Kupang - Nusa Tenggara Timur

Indonesia

How to Cite
Neno, A., Tanggu Hana, F., & Wutun, M. (2020). Personal Brand Jokowi Dalam Pidato ‘Optimis Indonesia Maju’. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 2(2), 67-74. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i2.366

References

Aji, A. (2018). Analisis Personal Branding Pada Program Talkshow Santai Sore Anies – Sandi Di Situs.
Andita Sari. (2017). Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Deepublish.
David, E., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acta Diurna, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/index/index
Dikky, A. E., Mas’amah, & Mandaru, S. S. E. (2020). Implementasi Komunikasi Pemasaran Tentang Citra Merek Brizzi Sebagai Uang Elektronik PT . Bank Rakyat Indonesia , Implementation of Marketing Communication About BRIZZI Brand Image as Electronic Money PT . Bank Rakyat Indonesia , Tbk Kupang Bank Indonesia. Jurnal Communio Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana, 9(1), 1523–1532. https://ejurnal.undana.ac.id/JIKOM/article/view/2246/1754
Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah Di Dunia Politik. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Mill). PT Prenhallindo.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Kencana.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Prenadamedia Group.
Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi Sebagai Kegiatan - Komunikasi Sebagai Ilmu. Kencana.
Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Bersocial Media. PT. Elex Media Komputindo.
Septriadi, D. (2012). Analisis Proses Pembentukan [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20313533-T 31733-Analisis proses-full text.pdf
Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi Dan Tesis. Suaka Media.
Sumiati, R., & Yulianti. (2016). Brand dalam implikasi bisnis : sumiati, Rosita dan Yulianti. UB Press.
Supratiknya. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Psikologi. APPTI.
Tamimy, M. F. (2017). Sharing-Mu Personal Branding-Mu. Visi Media.
Wasesa, S. A. (2011). Political Branding Dan Public Relations. Gramedia Pustaka Utama.
Yunita, P. A. (2017). Analisis personal branding melalui iklan televisi [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga]. http://digilib.uin-suka.ac.id/28539/1/13730106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf