PENGALAMAN KOMUNIKASI PROGRAM MSIB MBKM BAGI MAHASISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zikri Fachrul Nurhadi
Achmad Wildan Kurniawan
Hikmatul Alam
Dasrun Hidayat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program MBKM Magang MSIB dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang diikuti oleh mahasiswa khususnya di Perguruan Tinggi Garut. Tujuan penelitian untuk menjelaskan motif, pengalaman dan makna komunikasi program MSIB bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, studi pustaka dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang mahasiswa di Perguruan Tinggi Garut dan 3 orang narasumber merupakan PIC Kampus Merdeka dari Kemdikbudrist, Institut Pendidikan Indonesia, dan Institut Teknologi Garut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif untuk peserta program MSIB Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, mengasah soft skills dan hard skills, mendapatkan pengalaman kerja dan pembelajaran baru diluar kampus. Motif karena antara lain karena konversi SKS dan uang saku yang dijanjikan oleh Kampus Merdeka, selain itu sertifikat yang diberikan oleh program ini juga dapat meningkatkan nilai tambah dalam mencari pekerjaan. Pengalaman positif yang dialami peserta MSIB Kampus Merdeka yaitu mendapatkan tawaran kerja oleh mitra yang mereka pilih di program MSIB Kampus Merdeka. Pengalaman negatif peserta MSIB Kampus Merdeka mengeluhkan kompensasi yang telah dijanjikan oleh pemerintah. Makna program MSIB dimaknai oleh mahasiswa sebagai jembatan yang menggabungkan pendidikan formal dengan pengalaman praktis di dunia kerja.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurhadi, Z. F., Kurniawan, A. W., Alam, H., & Hidayat, D. (2024). PENGALAMAN KOMUNIKASI PROGRAM MSIB MBKM BAGI MAHASISWA. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 6(1), 9-18. https://doi.org/10.51977/jdigital.v6i1.1338

References

Apriliyani, N. V., Purnamasari, I., Sastrawan, B., Hernawan, D., & Seran, G. G. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 12-18. doi:https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045
Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Mawardi, V. C. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Dan Studi Independen Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Muara, 6(1), 174-181. doi:https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16163.2022
Cahaya, Majid, A., & Muttaqin, A. (2022). Utilization Of Private Media Hasanuddin University In Distribution Of Information Program Merdeka Learning Merdeka Campus 2021. Platform & Workflow by OJS/PKP, 3(2). doi:https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5025
Djamaluddin, M., Lasan, B. B., & Atmoko, A. (2018). Experiental Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Multikultural Mahasiswa. 3(3), 119-130. doi:10.17977/um001v3i32018p119
Fitriani. (2023, Juni Selasa). (Z. F. Nurhadi, Interviewer)
Hasanah, R. A., & Wijayanto, H. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT. Progate Global Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5). doi:https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i5.7215
Juwita, N. Z., & Pahlawi, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Penggunaan Microsoft Exel Untuk Capstone Project Pada Program Studi Independen Microsoft Productivity : The Moderen Workplace Di PT Microsoft Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(1), 69-85.
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Global Citizen, 9(2). doi:https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545
Nuryana, A., & Pawita, P. U. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. 2(1).
Pohan, F. S., & Kisman, Z. (2022). Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Trilogi (Studi Kasus: Prodi Manajemen). ISLAMIC BANKING, 7(2), 307-314. doi:https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.391
Purike, E. (2021). Political Communications of The Ministry of Education and Culture about "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (Independent Learning, Independent Campus)". EduLine, 1(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.35877/454RI.eduline361
Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. 199-204. doi:https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340
Ramadhan, S., & Megawati, S. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Publika, 11(1), 1581-1592. doi:https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1581-1592
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. PKP, 1(1). doi:https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Sonalitha, E., Setyawati, D., & Haryanto, S. (2021). University Transformation Towards a Learning Experience Facing The World of Work and Industry. Jurnal Penelitian, 18(2). doi:https://doi.org/10.26905/jp.v18i2.7066
Sulistyaningrum, A. N., Nirwana, N. A., Januar, D. R., & Hilalia, N. N. (2022). Performa Kebijakan Kampus Merdeka Pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2771-2786. doi:https://doi.org/10.55927/mudima.v2i6.489
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Siloka, 2(3), 203-219. doi:https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83-91. doi:10.22460/q.v2i1p21-30.642