PERSEPSI REMAJA TERHADAP PEMBERITAAN DI MEDIA SOSIAL: STUDI KASUS ZIDAN DAN TRI SUAKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Deni Suwinda
Gartika Rahmasari
Iris Fatia Maharani

Abstract

Di era modern saat ini sosial media menjadi hal yang sangat dekat kehidpan para remaja. Sosial media sendiri kini menjadi tempat pertukaran informasi yang sangat mudah. Video kasus Zidan dan Tri Suaka sendiri beberapa bulan lalu sempat menjadi perbincangan hangat bagi pengguna sosial media, yang dimana dalam video tersebut Zidan dan Tri Suaka dinilai menghina gaya bernyanyi Andika Kangen Band. Beragam komentar muncul setelah penayangan video tersebut di akun Tik Tok milik Tri Suaka. Karena video tersebut banyak disaksikan oleh para remaja, dikhawatirkan hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan karakter remaja itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi remaja terhadap kasus dalam video tersebut, dan apa saja pembelajaran yang bisa diambil bagi para remaja itu sendiri. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan studi deskriptif. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana para remaja memaknai serta mengambil pelajaran dari video kasus Zidan dan Tri. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan dari persepsi remaja itu sendiri.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suwinda, D., Rahmasari, G., & Maharani, I. F. (2023). PERSEPSI REMAJA TERHADAP PEMBERITAAN DI MEDIA SOSIAL: STUDI KASUS ZIDAN DAN TRI SUAKA. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 5(1), 1-5. https://doi.org/10.51977/jdigital.v5i1.1217

References

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Jalaluddin Rakhmat. (2011). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
KOMINFO. (2018). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet 2017 APJII. https://www.kominfo.go.id/content/detail/12638/hasil-survei-penetrasi-dan-perilaku-pengguna-internet-2017-apjii/0/download
Mayfield, & Badri, M. (2011). Corporate and Marketing Communication. Journal of Communication Studies, 06(01), 57–72.
Nadya, K., & Hidayat, D. (2016). Makna Hubungan Antar Pribadi Melalui Media Online Tender. Jurnal Komunikasi, III(1), 1–11. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom%0A1%0D
Shambodo, Y. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 98. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.464
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. EGC.
Udai Pareek. (1996). Perilaku Organisasi. PT. Pustaka Binaman Pressindo.
W. Bimo. (2010). Psikologi Umum. CV. Andi.