ELABORATION LIKELIHOOD MODEL DAN PENGOLAHAN REPUTASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nisya Chasmia Oktafiany

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana teknik framing dalam film Vina: Sebelum 7 Hari, dapat membentuk persepsi publik dan pengelolaan reputasi strategi publik relation (PR). Melalui pendekatan kualitatif analisis deskriptif, penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM) sebagai kerangka teoritis untuk memahami bagaimana audiens memproses pesan yang disampaikan melalui media film. Hasil menemukan bahwa jika penerapan agenda setting, priming dan framing jika tidak diterapkan dengan tepat, pesan yang disampaikan bisa saja tidak mencapai efek yang diinginkan atau bahkan merusak reputasi pihak yang terlibat. Selain itu penelitian juga menunjukkan kapan dan bagaimana audiens akan persuasi dan terpersuasi dalam memastikan pesan yang disampaikan tidak hanya menggerakkan aspek emosional tetapi juga harus membangun citra positif terhadap film Vina: sebelum 7 hari. Dengan menggunakan ELM pesan yang disampaikan, diterima dengan cara yang berbeda melalui Peripheral Route Processing. Sehingga informasi yang diproses dikategorikan menjadi: kontroversi dan kekhawatiran eksploitasi kekerasan seksual, hiburan dan social proof maupun popularitas. Hasil penelitian ini diharapkan tidak hanya relevan bagi industri film, tetapi juga bagi praktisi Public Relations yang ingin memahami bagaimana memaksimalkan dampak dari pesan-pesan yang diinginkan melalui media yang berbeda.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anderson, M., & Jiang, J. (2018). Teens, Social Media & Technology 2018. Pew Research Center.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Entman, R. M. (1993). Framing: Toward clarification of a fractured paradigm. Journal of Communication, 43(4) 51-58.
Fitri, A.N., & Yulianti. (2023). Konsumsi Media, Gender, dan Binge-Watching. BANDUNG CONFERENCE SERIES: Manajemen Komunikasi. 3(2), 740-746.
Gamson, W. A., & Modigliani, A. (1989). Media discourse and public opinion on nuclear power: A constructionist approach. American Journal of Sociology, 95(1), 1-37.
Garcia, M. (2022). Crisis Management in Public Relations: Leveraging Media for Damage Control. Public Relations Review, 8(3), 165-180.
Goffman, E. (1974). Frame analysis: An essay on the organization of experience . Harper & Row.
Hidayat, D., Kuswarno, E., & Hafiar, H. (2023). Publik Relations Budaya. Bandung: Simbiosa
Iyengar, S., & Simon, A. F. (2000). New perspectives and evidence on political communication and campaign effects. Annual Review of Psychology, 51, 149-169.
Kasus Vina di Mata Kriminolog Universitas Budi Luhur. (2024). https://jurnalpatrolinews.co.id/berita/kasus-vina-di-mata-kriminolog-universitas-budi-luhur/. Accessed: 2024-06-16
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology . Sage Publications.
Neuman, W. R., Just, M. R., & Crigler, A. N. (1992). Common knowledge: News and the construction of political meaning. University of Chicago Press.
Nguyen, P. (2024). Strategic Alliances in Public Relations: Case Studies and Best Practices. Journal of Strategic Communication, 11(1), 55-70.
Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). Communication and persuasion: Central and peripheral routes to attitude change. Springer-Verlag.
Putri, S. V. (2021). MODEL KEMUNGKINAN ELABORASI: SEBUAH METODE KOMUNIKASI PERSUASIF. https://www.praxis.co.id/stories/read/297/Elaboration-Likelihood-Model-Sebuah-Metode-Komunikasi-Persuasif. Accessed: 2024-06-28
Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2012). Qualitative interviewing: The art of hearing data. Sage Publications.
Santoso, D., & Triwijayanti, A. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Generasi Z terhadap Belanja Online. Jurnal Pemasaran, 5(1), 45-56.
Smith, J. (2023). Using Film to Raise Social Awareness. Journal of Media and Communication Studies, 12(3), 145-160.
Suryasuciramdhan, A., Fitriany, R. M., Sucitasari, L. F., & Fatimah, K. M. (2024). Analisis Framing Pemberitaan Film “Vina: Sebelum 7 Hari” Pada Media Online CNNIndonesia. com dan Detikjabar. com. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 154-159.
Thompson, R. (2022). Positive Messaging in Film and Its Impact on Brand Image. International Journal of Public Relations, 9(4), 230-245.
Williams, L. (2023). Engagement Strategies for Films in Public Relations. Media Relations Quarterly, 10(2), 98-112.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sage Publications.