HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL KALANGAN REMAJA DI SMK SETIA BHAKTI BANDUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian dilatar belakangi karena penggunaan gadget terlebih smartphone yang semakin marak dikalangan para remaja. Terlebih karna adanya virus Corona yang mengharuskan mereka untuk belajar di rumah menggunakan gadget. Demam gadget juga semakin melanda masyarakat di Indonesia, dari mulai anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Oleh karena itu sedikit banyaknya akan mempengaruhi interaksi sosial dan komunikasi mereka. Selalu akan berdampingan hal positif dan negatif, sama halnya ketika Allah menciptakan surga & neraka. Begitupun dengan bantuan smartphone yang akan mempermudah penggunanya untuk mencari tau hal yang baru, belanja online, transportasi online, bahkan beribadah pun bisa lebih mudah dengan bantuan smartphone atau gadget. Tapi tidak sedikit pula para pelajar yang melalaikan tanggung jawabnya karna terlalu asik bermain gadget yang mengakibatkan tugas terbengkalai, mengantuk ketika di di dalam kelas dan berkurangnya interaksi social & komunikasi. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan studi fenomenologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
CINDY SOVHIE APRILIA. (2021). PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI SANTOSA PASIEN BANDUNG PADA SAAT PANDEMI COVID-19. 6.
DRS. Alex Sobur, M. S. (2014). Filsafat Komunikasi Tradisi Dan Metode Fenomenologi (N. N. Muliawati (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya. Bapusipda Bandung
Gramedia. (2021). Interaksi Sosial & Komunikasi. Gramedia. https://www-gramedia-com.cdn.ampproject.org.
MAHNI. (2020). DAMPAK GADGET TERHADAP PERILAKU SOSIAL. In Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.
Maisyaroh Siti. (2018). Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. id.scribd.com
Makawi, F. (2016). Penggunaan Smartphone dalam Interaksi Sosial di Kalangan Remaja Awal. Skripsi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1–91.
Moleong. (2011). Metode penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
NELLI. (2019). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA KELAS VI SDN 1 LALEBBATA KOTA PALOPO. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.
Nisia, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Di Smpn 8 Bukittinggi. 1–85.
Sardiman .S dkk. (2011). Proses Pembelajaran adalah Proses Komunikasi. Jakarta Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA.
Supriyati. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat Prees.
Syukri, Muhammad Ulwanusy, F. F. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja Karang Taruna Kelurahan Karet Kuningan. Jurnal Sistem Informasi, 25–32.
WORLD HEALTH ORGANIZATION. (2014). Remaja. https://pusdatin.kemkes.go.id