PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT TENURE, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY AND REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020
UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT TENURE, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY
DOI:
https://doi.org/10.51977/financia.v3i1.677Keywords:
Ukuran Perusahaan, Audit Tenure, Opini Audit, Audit DelayAbstract
Audit delay dapat terjadi dikarenakan terlambatnya proses publikasi audit diawali pelaporan keuangan tahunan atau tanggal penutupan buku sampai terbitnya laporan keuangan yang telah diaudit. Tujuan penelitian ini adalah keinginan untuk menilai apakah ukuran perusahaan, audit tenure, dan opini audit dapat memprediksi audit delay. Explanatory research merupakan metode yang dipilih dengan pendekatan kuantitatif dan tipe deskriptif verifikatif. Laporan keuangan triwulan perusahaan sektor property dan real estate di BEI tahun 2018-2020 merupakan data sekunder yang dapat dijadikan sumber data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa secara parsial hanya opini audit dapat memprediksi audit delay tetapi tidak signifikan terhadap, variabel lain tidak dapat memprediksi audit delay secara signifikan, dan secara simultan variabel tersebut dapat memprediksi audit delay secara signifikan kearah positif
References
Arumsari, N. R. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Brand Ambassador, Label Halal, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Konsumen Wardah Di Kudus). Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 2(2).
Cece, I. Sen. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. Manajemen Kinerja, 1(2), 101–110.
Dari, D., & Dan, S. (2017). Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan IklaN, 01(02), 87–96.
FATAHILLAH, S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eiger Adventure Di Kota Makassar.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tests, dan Disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, A. R., & Wardhana, A. (2019). Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Minat Beli Produk Indomie Rasa Mie Aceh Dengan Pendekatan Aida (survei Pada Warga Kota Cimahi--Jawa Barat). EProceedings of Management, 6(3).
Herdiana, T., & Alamsyah, D. P. (2017). Country of Origin dan Citra Merek: Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 31–40.
Kertamukti. R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Keller,K,L. (2013). Direccion De Marketing. Pearson Educacion.
Mutiah Dinny. (2019). Choi Siwon Jadi Brand Ambassador Mi Instan asal Indonesia. Retrieved from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4053393/choi-siwon-jadi-brand-ambassador-mi-instan-asal-indonesia
Nurdin, S., & Sulastri, A. (2018). Lifestyle, Perceived Value Dan Customer Value Pada Minat Beli. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 10(2), 147–162.
Putra, J. S., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Andre Taulany Terhadap Minat Beli Konsumen Ini Keripik.
Royan, F, M. (2004). Marketing Celebrities (Ke-1). Jakarta: PT. Elex Komputindo.
Royan, F. M. (2005). Marketing Selebrities. Elex Media Komputindo.
Ssiwanto, R. S. A. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Tatjana Saphira Terhadap Minat Beli Asus Zenfone 4 Selfie Pro. Universitas Multimedia Nusantara.
Trijumansyah, A., Loda, M. Y., Solihat, A., Rahmayani, R., & Iskandar, I. (2019). Analisis Store Atmosphere Dan Lokasi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Valid Jurnal Ilmiah, 16(2), 194–207.
Wirapraja, A., & Sugito, F. A. (2018). Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Tingkat Minat Beli Mie Instant. Jurnal Eksekutif, 15(1), 98–113.