ANALISIS KETERBATASAN PANDANGAN VISUAL PADA INTERIOR AREA KERJA WORK FROM HOME PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA
DOI:
https://doi.org/10.51977/wacadesain.v2i1.365Keywords:
Biophilic, Productivity, WFHAbstract
Pandemi virus covid-19 membuat banyak pergeseran pola pikir dan bekerja pada masyarakat Indonesia. Keterlibatan pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus covid-19 terbilang cukup signifikan dan efektif. Kebijakan tersebut antara lain diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB yang diberlakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia berdampak pula pada bidang perkantoran. Pekerja dianjurkan untuk melakukan pekerjaan jarak jauh atau yang biasa kita sebut Work From Home (WFH). Work From Home memaksa kita untuk mengerjakan pekerjaan dari rumah yang tidak jarang area kerja yang kita pakai untuk bekerja memiliki banyak keterbatan. Salah satunya adalah keterbatasan pandangan visual. Dalam bekerja, terdapat beberapa aspek yang menjadi syarat agar produktivitas kerja lebih maksimal. Kurangnya interaksi dengan dunia luar menjadi salah satu pemicu suasana hati atau produktivitas kerja menurun. Peran desain interior terhadap produktivitas kerja memiliki andil yang cukup besar. Penempatan area kerja yang memiliki pandangan visual menjadi salah satu solusi agar target produktivitas kerja tercapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Diharapkan melalui tulisan ilmiah ini dapat menjadi acuan dan bahan referensi bagi penulis lainnya dan juga bahan pertimbangan masyarakat luas dalam meningkatkan produktivitas bekerja.
References
Alfatah, A., & Utama, P. (2018). Analisis Pengembangan Produk Miwon Group Indonesia Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Ke- 3, 110–134. Retrieved from asosiasipascaptm.or.id/.../13-volume-3-teknologi-hukum-ekonomi-kesehatan
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, K., Ciputra, U., & Town, U. C. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sales Berbasis Website Pada Distributor Kain Hoggy Djaya. Jurnal Sistem Informasi, 1(3), 192–200. Retrieved from https://informatika.uc.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/snapti-2015/(192-200) Kevin Chandra - Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sales Berbasis Website Pada Distributor Kain Hoggy Djaya.pdf
Darwin, S., & Sondang Kunto, Y. (2014). Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia – Surabaya, 2(1), 1. Retrieved from mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/20035.pdf%0A
Giyarni, Maria Magdalena Minarsih, A. T. H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan On Line Representatif Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Di Wilayah Iv Kota Semarang. Journal of Management Vol.02 No.02 , Maret 2016, 2(Effect Of Human Relationship, Compensation, And Organization Comitment On The Job Satisfaction), 1–13.
Hidayat, R., & Prakoso, B. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management ( CRM ) Berbasis Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Oyisam Clothing Malang. Jurnal Penelitian Manajemen Penerapan (Penataran), 34–42. Retrieved from http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/359
Putu, N., & Dewi, M. (2018). Pengaruh Umur , Pendidikan Dan Jumlah Tanggungan Sektor Informal Di Kota Denpasar Made Ayu Laksmitha Dewi 1 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Sektor informal merupakan sektor . 1–29.
Riduwan, E. A. K. &. (2014). Analisis Jalur cetakan ke enam. Bandung: Alfabeta.
Rojuaniah. (2014). Pengaruh Faktor Demografi Dan Karakteristik. Forum Ilmiah, 11, 137–148. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/872/802
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Management, 4(3), 2382–2392. Retrieved from openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka%25files%252Fjurnal_eproc/Fpengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-loyalitas-pelanggan-pada-apotek-telkomedika-di-kota-bandung-tahun-2017.pdf
Victor, C., Jorie, R. J., & Sumarauw, J. S. B. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas. 3(2), 671–683.
Widyastuti, S. (2016). Membina Keakraban Pelanggan: Retrieved from http://dosen.univpancasila.ac.id/dosenfile/1192211017152489488528April2018.pdf
Yosua, B., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 46(1). Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1781