Jurnal Digital Media dan Relationship
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital
<p>Jurnal Digital Media dan Relationship (JDMR) dikelola oleh Fakultas Komunikasi & Desain (FKD) dan diterbitkan sejak Desember 2019 oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya. JDMR terbit tiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Digital Media dan Relationship (JDMR) sudah memiliki nomor ISSN: <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1574819077&1&&">2722-7413 </a>(media online) yang terdaftar di LIPI mulai terbitan Juni 2020. <br>DOI Jurnal: <a href="https://doi.org/10.51977/jdigital">https://doi.org/10.51977/jdigital</a></p> <p> </p> <p>Terindeks: <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/10976"><strong>Sinta</strong></a>, <strong><a href="https://scholar.google.com/citations?user=_OvcfDMAAAAJ&hl=id&authuser=6&citsig=AMD79oqu2umR9-me7XqPiomDVr1B5fdqGA">Google Scholar</a>, <a href="https://scholar.google.com/citations?user=_OvcfDMAAAAJ&hl=id&authuser=6&citsig=AMD79oqu2umR9-me7XqPiomDVr1B5fdqGA">Garuda</a></strong></p>en-US[email protected] (Dasrun Hidayat,)[email protected] (Yosef Abdul Ghani)Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000OJS 3.1.2.0http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KOTA BOGOR DALAM PENYEBARAN INFORMASI MELALUI INSTAGRAM
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1906
<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan humas dari pemerintah Kota Bogor menggunakan media sosial Instagram yaitu @pemkotbogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas pemerintah Kota Bogor dalam mengelola sosial media Instagram @pemkotbogor dan juga memahami bagaimana upaya komunikasi yang dilakukan dapat memperkuat citra positif pemerintah Kota Bogor di kalangan masyarakat. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena tujuan peneliti adalah menghasilkan data berupa gambaran strategi komunikasi yang diterapkan oleh humas pemerintah Kota Bogor pada media sosial Instagram. Objek yang difokuskan dalam penelitian ini adalah humas pemerintah Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas pemerintah Kota Bogor telah melakukan strategi kehumasan dengan pendekatan analisis tren dan pemantauan media untuk memastikan konten yang dipublikasikan sesuai dengan preferensi audiens, serta menjalankan perannya dalam penyebaran informasi melalui Instagram @pemkotbogor.</p>Farrel Wiratama Raisyah Nurman, Mohamad Ghozali Moenawar, Leonard Dharmawan, Sutisna Riyanto, Nabhila Manisya, Maharani Azzahra
Copyright (c) 2025 Jurnal Digital Media dan Relationship
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1906Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU FOMO PADA GENERASI Z
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1918
<p>Kehadiran media baru mempermudah kehidupan manusia dalam setiap aspek kehidupan. Internet sebagai media baru yang mudah diakses hingga dapat mengaburkan antara Masyarakat dengan media. Salah satu produk dari Internet adalah sosial media, salah satunya Instagram. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. Dominasi ini juga membawa Indonesia sebagai salah satu negara yang menggunakan Instagram dalam kehidupan sehari-hari. Instagram menghasilkan berbagai konten yang menarik, dan tentunya hal tersebut dari apa yang disukai pengguna. Dari konten inilah yang memungkinkan seseorang dapat terkena perilaku <em>Fear of Missing Out</em> atau FOMO. Dimana FOMO didefinisikan sebagai perasaan takut tertinggal sesuatu di internet. Generasi Z merupakan generasi yang lahir di era perkembangan teknologi, bahkan dapat dikatakan bertumbuh bersama teknologi. Generasi Z mendominasi sebagai pengguna Internet maupun Instagram pada saat ini. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Instagram terhadap perilaku FOMO pada Generasi Z.Pada penelitian ini peneliti meneliti perilaku FOMO dari penggunaan Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dimana teknik sampling yaitu Simple Random Sampling pada 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa sosial media Instagram, dan perilaku FOMO masuk ke dalam kategori cukup. Lalu, hasil dari penelitian analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa penggunaan Instagram berpengaruh signifikan terhadap perilaku FOMO pada Generasi Z.</p>Cecilia Putri Christa, Femi Oktaviani
Copyright (c) 2025 Jurnal Digital Media dan Relationship
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1918Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000MANAJEMEN REDAKSI MEDIA ONLINE HARIAN GARUT NEWS
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1879
<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan jumlah pengunjung pada situs website hariangarutnews.com selama 3 bulan terakhir, jumlah tersebut mencapai angka 42,8 persen. Dalam mengelola sebuah perusahaan media massa dibutuhkan manajemen redaksional yang baik sebagai faktor kunci keberhasilan sebuah perusahaan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen redaksi yang dilakukan oleh Harian Garut News dalam menentukan topik pemberitaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teori yang digunakan yaitu Manajemen Redaksi model George R. Terry. Teknik pengumpulan data observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap Planning Harian Garut News berjalan dengan sukses, dengan mengembangkan isu-isu terkini kemudian melakukan rapat proyeksi untuk menentukan perkembangan isu-isu tersebut. Pada tahap Organizing, telah dibentuk unit kerja secara terstruktur dimulai dari atasan hingga bawahan. Dalam tahap Actuating, berbagai tindakan telah diambil, termasuk memberikan pelatihan kepada para wartawan serta memberikan motivasi untuk membuat wartawan semangat dalam menjalankan tugas. Pada tahap Controlling Harian Garut News telah berjalan sesuai dengan yang ditetapkan dan evaluasi berfokus pada aspek-aspek pengembangan.</p> <p> </p>Ismira Febrina, Haryadi Mujianto, Jayaesni Wiguna
Copyright (c) 2025 Jurnal Digital Media dan Relationship
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1879Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000MODEL PEMBENTUKAN CITRA POLITIK BEDAS DADANG SUPRIATNA
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1984
<p>Pembentukan citra politik merupakan bagian dari komunikasi politik, dilakukan secara persuasif untuk memperluas jaringan wilayah harapan antara kandidat dengan pemilih. Kontestan politik, baik dari figur yang dikenal publik sebagai orang bersih maupun orang bermasalah, sama-sama menginginkan citra politik positif untuk memengaruhi pemilih, karena citra telah menjadi faktor paling menentukan sukses tidaknya sebuah perjalanan kampanye. Dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Bandung 2020, terdapat nama Dadang Supriatna yang digandeng artis ternama Sahrul Gunawan, bahkan akhirnya pasangan ini menjadi pemenang. Munculnya nama Dadang Supriatna dengan citra politik BEDAS akhirnya memutus kekuasaan yang sudah puluhan tahun di Kabupaten Bandung. Citra politik bedas membawa harapan baru bagi masyarakat, ditambah kehadiran sosok Sahrul Gunawan, sehingga citra politik BEDAS pada saat Pilkada Kabupaten Bandung begitu kuat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma kontruktivis. Penelitian dilakukan di Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data, penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan model pembentukan citra politik BEDAS Dadang Supriatna dalam Pemilihan Bupati Kabupaten Bandung 2020 berjalan dengan baik sesuai harapan. Citra politik BEDAS Dadang supriatna mempunyai arti sebagai kekuatan yang sangat besar untuk meyakinkan masyarakat agar memilih mereka. Perencanaan dalam pembentukan citra politik menggunakan model kampanye PR yang meliputi identifikasi, legitimasi, partisipasi, penetrasi dan distribusi, terbukti kemenangan Dadang Supriatna – Syahrul Gunawan memperoleh hasil suara lebih dari 50%. 3. Pembentukan citra politik BEDAS Dadang Supriatna penting, karena modal utama dalam kampanye salah satu nya citra politik dari sosok paslon seperti Dadang – Sahrul yang kemudian diperkuat dengan slogan BEDAS sehingga menarik simpati masyarakat untuk memilih.</p>Renaldi Permana
Copyright (c) 2025 Jurnal Digital Media dan Relationship
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1984Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000