https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/issue/feed Jurnal Digital Media dan Relationship 2023-12-22T08:13:57+00:00 Dasrun Hidayat, [email protected] Open Journal Systems <p>Jurnal Digital Media dan Relationship (JDMR) dikelola oleh Fakultas Komunikasi &amp; Desain (FKD) dan diterbitkan sejak Desember 2019 oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya. &nbsp;JDMR terbit tiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Digital Media dan Relationship (JDMR)&nbsp; sudah memiliki nomor ISSN: <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1574819077&amp;1&amp;&amp;">2722-7413 </a>(media online) yang terdaftar di LIPI mulai terbitan Juni 2020.&nbsp;<br>DOI Jurnal: <a href="https://doi.org/10.51977/jdigital">https://doi.org/10.51977/jdigital</a></p> <p>&nbsp;</p> <p>Terindeks: <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/10976"><strong>Sinta</strong></a>, <strong><a href="https://scholar.google.com/citations?user=_OvcfDMAAAAJ&amp;hl=id&amp;authuser=6&amp;citsig=AMD79oqu2umR9-me7XqPiomDVr1B5fdqGA">Google Scholar</a>, <a href="https://scholar.google.com/citations?user=_OvcfDMAAAAJ&amp;hl=id&amp;authuser=6&amp;citsig=AMD79oqu2umR9-me7XqPiomDVr1B5fdqGA">Garuda</a></strong></p> https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1397 ANALISIS KONTEN ASMR PADA PLATFORM YOUTUBE DI KALANGAN REMAJA 2023-12-22T08:13:56+00:00 Indana Zulfa Oktavia [email protected] Agus Juhana [email protected] <p>Sebuah konten ASMR <em>(Autonomous Sensory Meridian Response) </em>menarik bagi sebagian besar remaja yang menonton. Konten ASMR merupakan sesuatu yang bisa menjadi populer akibat dari sensasi yang dirasakan oleh penontonnya setelah menonton video tersebut karena adanya ikatan emosional serta besar pengaruhnya terhadap perkembangan konten. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daya tarik remaja menonton konten video ASMR dan alasan ketertarikan serta sensasi yang dirasakan. Metode yang digunakan yaitu dengan metode studi <em>literature</em> (SLR) dengan mengkaji beberapa jurnal nasional dan internasional. Selain itu metode yang digunakan adalah analisis data dengan pendekatan kualitatif. Data dan sampel dari penelitian ini yaitu wawancara sepuluh mahasiswa serta beberapa ulasan komentar video ASMR di youtube. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konten ASMR menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi remaja khususnya mahasiswa dan beberapa orang yang memberikan ulasannya di youtube. Konten ASMR yang mereka sukai berbeda-beda jenisnya sebagian besar menyukai konten ASMR Slime dan juga ASMR Mukbang. <em>Satisfying</em> dan <em>rilex</em>, mengunggah selera, warna makanannya unik, serta suara yang dihasilkan menjadi alasan ketertarikan mereka dalam menyukai konten ASMR. Sehingga sensasi yang dirasakan mereka yaitu <em>rilex</em>, tenang, puas, mengantuk, kecanduan, serta tergiur. Sensasi yang mereka rasakan tergantung jenis konten ASMR yang mereka tonton.</p> 2023-12-13T05:34:52+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Digital Media dan Relationship https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1363 PEMBENTUKAN CITRA POLITIK DEDIE RACHIM SEBAGAI SOSOK ANTIKORUPSI 2023-12-22T08:13:56+00:00 Dery Fitriadi Ginanjar [email protected] <p>Pencitraan politik merupakan bagian dari komunikasi politik, dilakukan secara persuasif untuk memperluas arsiran wilayah harapan antara kandidat dengan pemilih. Kontestan politik, baik dari figur yang dikenal publik sebagai orang bersih maupun orang bermasalah, sama-sama menginginkan citra politik positif untuk memengaruhi pemilih, karena citra telah menjadi faktor paling menentukan sukses tidaknya sebuah perjalanan kampanye. Dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bogor 2018, terdapat nama Dedie A Rachim yang digandeng petahana Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, bahkan akhirnya pasangan ini menjadi pemenang. Munculnya nama Dedie Rachim di luar prediksi pelaku politik, pengamat politik, dan rakyat Bogor. Dedie Rachim merupakan satu-satunya petinggi setingkat direktur di KPK yang masuk dan berkarir di pemerintahan daerah. Sejak KPK berdiri 2003 silam, belum pernah ada pejabatnya yang memilih mundur untuk terjun ke dunia politik. Dedie memilih mundur sebagai pegawai KPK dengan jabatan akhir Direktur Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) dari jauh-jauh hari untuk memberikan contoh kepada pejabat lainnya yang ingin maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma kontruktivistik. Penelitian dilakukan di Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data, penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi<em>. </em>Hasil penelitian menunjukan pembentukan citra politik sebagai sosok antikorupsi terhadap Dedie A Rachim pada Pilwalkot Bogr 2018 berjalan baik. Tim pemenangan memanfaatkan latar belakang Dedie Rachim yang berasal dari lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meraih simpati masyarakat Kota Bogor selama kampanye. Sosok antikorupsi pada Dedie Rachim memberikan kontribusi signifikan bagi kemenangan, meskipun kampanye antikorupsi tidak dilakukan secara simultan. Pembentukan citra politik antikorupsi penting dilakukan karena masyarakat sudah jenuh pada kasus korupsi yang menjerat banyak kepala daerah.</p> 2023-12-13T05:35:07+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Digital Media dan Relationship https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1416 SELF DISCLOSURE BISEKSUAL PADA CYBER ACCOUNT PENGIKUT BASE @SSEFNUM DI X 2023-12-22T08:13:56+00:00 Meilanda Aulia Putri [email protected] Hilda Sri Rahayu [email protected] <p>Kehadiran media baru pernah dijadikan sebagai ruang keterbukaan bagi individu untuk menyampaikan dan menerima informasi mengenai ragam identitas dan/atau orientasi seksual karena adanya ruangan terbatas dalam publik. Saat berada di ruang virtual, keberadaannya masih banyak dikritik, namun ada juga yang memberikan dukungan seperti autobase ssefnum yang menciptakan ruang aman (safe palce) bagi cyber account yang memiliki keragaman identitas dan/atau orientasi seksual di Twitter. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor keterbukaan diri pada seseorang yang memiliki cyber account dengan menggunakan konsep self-disclosure. Analisa dilandaskan kepada teori komunikasi antarpribadi, keterbukaan diri dan teori media sosial. Penelitian dilakukan dengan kualitatif dan dengan pendekatan fenomenologi. Sampel yang diambil dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan (purposive sampling). Temuan yang dihasilkan bahwa para individu yang memiliki cyber account beridentitas sebagai biseksual memiliki setidaknya tujuh faktor keterbukaan diri menurut DeVito, oleh karena itu mereka menjadikan autobase ssefnum sebagai tempat aman (safe place) bagi kelompok minoritas LGBT.</p> 2023-12-13T05:35:19+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Digital Media dan Relationship https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1407 STRATEGI MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM RADIO BERBAHASA DAERAH ‘DAWAN’ 2023-12-22T08:13:56+00:00 Sefany Nofalia Tafui [email protected] Monika Wutun [email protected] Herman Elfridus Seran [email protected] <p>Bahasa daerah merupakan salah satu budaya lokal yang penting untuk dipertahankan pada zaman sekarang. Mengingat hal tersebut, radio lokal sebagai salah satu media massa hadir dengan strategi manajemen melalui program siarannya. LPPL RSPD Soe sebagai radio lokal kabupaten Timor Tengah Selatan mengembangkan program 3S “Salam-Salam, Siang-Siang, Sore-Sore” sebagai upaya mempertahankan eksistensi budaya bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen produksi program 3S berbahasa Dawan pada RSPD Soe dalam mempertahankan eksistensi budaya dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen. Penelitian ini dikaji menggunakan metode studi kasus dan analisis menggunakan teori Ekologi Media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen produksi program 3S berbahasa daerah terdiri dari 4 tahapan yakni Perencanaan, Penggorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan. Adapun faktor pendukung manajemen dalam penerapan strategi adalah sarana dan prasarana, sumber daya manusia berketerampilan dan strategi pemasaran program melalui media sosial. Sedangkan faktor penghambat yang terdiri dari kurangnya tenaga penyiar dan keterbatasan anggaran. Mengacu teori ekologi media menyatakan bahwa upaya LPPL RSPD Soe di tengah masyarakat dengan memanfaatkan budaya bahasa daerah sebagai penunjang media melalui Program 3S berbahasa Dawan yang kemudian dilihat sebagai upaya mempertahankan eksistensi budaya bahasa daerah.</p> 2023-12-13T05:35:34+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Digital Media dan Relationship https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1405 STRATEGI IDENTITAS DIGITAL: ANALISIS PERSONAL BRANDING DI PLATFORM TIKTOK 2023-12-22T08:13:57+00:00 Antonius Felix [email protected] Dimas Okta Briyanti [email protected] Felix Melvin Young [email protected] Ivan Livaro [email protected] Willian Wijaya [email protected] <p>Media sosial TikTok memiliki dampak yang signifikan pada cara interaksi dan akses informasi. Penelitian ini menggunakan Teori Personal Branding untuk mengidentifikasi karakter pribadi yang membentuk minat dalam menciptakan persepsi positif melalui konten menarik sebagai hiburan tren masa kini. Fokus penelitian ini adalah untuk melakukan analisis personal branding dari content creator TikTok @siscakohl. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan studi kasus terhadap penggunaan aplikasi TikTok. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, melakukan studi dokumentasi, serta wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya perbedaan usia pada pengguna TikTok yang berpengaruh terhadap pembentukan personal branding narasumber. Penggunaan TikTok dimanfaatkan sebagai cara dalam meningkatkan rasa percaya diri, pengembangan keterampilan, kreativitas, ciri khas, serta membangun citra publik.</p> 2023-12-19T02:42:15+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Digital Media dan Relationship