UPAYA DIGITAL INFLUENCER DALAM PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Studi Kasus Kegiatan Endorsement Oleh Selebgram Dalam Akun @lindaoktaviani_ Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reyvi Aulia
Reza Rizkina Taufik

Abstract

Digital Influencer memberikan perubahan perilaku pengguna Instagram dalam menggunakan media sosial hingga pembelian produk yang di promosikanya, penggunaan digital influencer untuk mempengaruhi, mengubah opini dan perilaku secara online, penggunaan media sosial menjadi fasilitas utama dalam melakukan endorsement yang akan membuat followers nya mengetahui serta ingat dengan sebuah produk yang di promosikan seorang influencer. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekata kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling yang meliputi beberapa kriteria informan diantaranya selebgram sekaligus influencer yang mengetahui tentang penerapan digital influencer pada promosi produk melalui Instagram, pengguna Instagram sekaligus followers yang memanfaatkan influencer untuk menentukan pembelian produk yang di promosikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya digital influencer dalam promosi produk di Instagram dapat membuat produk suatu brand semakin dikenal, dan keuntungan influencer sendri memiliki jaringan sosial yang luas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aulia, R., & Taufik, R. R. (2022). UPAYA DIGITAL INFLUENCER DALAM PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 4(2), 46-49. https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i2.929

References

(Prof.Deddy Mulyana, M.A., Ph.D, :). (n.d.). ilmu komunikasi.
AFIATI, A. I. (2015). KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP (Studi Deskriptif kualitatif pada pelatih pendidikan militer tamtama TNI AD di sekolah calon tamtama rindam IV Diponegoro kebumen).
Dr. Dasrun Hidayat, S.sos., M. I. K. (2022). Teori Komunikasi (Nunik Siti Nurbaya (ed.)). simbiosa rekatama media.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Maulana, H. G. G. (2013). Psikologis Komunikasi dan Persuasi.
Maulana, I., Merseyside, J., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. 17(1), 28–34.
Persuasif, K., Kota, D., Hartawan, Y., Tubbs, S. L., & Moss, S. (2020). MENGATASI MASALAH PENGANGGURAN GENERASI MILENIAL ( Kajian Kualitatif Tentang Komunikasi Persuasif Melalui Media Sosial Instagram Pada Program Pengurangan Pengangguran Di Kota Bogor ) Kegiatan Komunikasi persuatif Jawa Barat Kota Bogor dan Kabupaten Sedang. 3(2).
Raharjo, S. dan G. (2011). Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus:
Resberry. (2004). https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-non-verbal. https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-non-verbal
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif.