STRATEGI E-MARKETING UMKM PRODUK MAKANAN 3S OPIEUN NHEUNAH DI MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Chotijah Fanaqi
Rosanti Utami Dewi Suyatman Yatnosaoutro

Abstract

Pandemic covid 19 memberikan dampak yang cukup signifikan bagi keberadaan UMKM di tanah air. Hal ini dikarenakan sebagian besar kehidupan ekonomi masyarakat bertumpu pada sector ini. Untuk melakukan upaya bertahan di masa pandemic, 3S Opieun Nheunah melakukan terobosan di bidang penjualannya, yakni dengan cara e-marketing, atau penjualan secara online yang penggunaannya berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman terhadap penggunaan e-marketing oleh UMKM Produk makanan 3S Opieun Nheunah. 3S Opieun Nheunah merupakan UMKM yang membuat produk makanan berupa seblak, bakso, dan berbagai minuman olahan yang bertempat di Desa Tanjungsari, Kecamatan karangpawitan, kabupaten Garut. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, yakni rentang waktu bulan November-Desember 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik penelitian eksplanatif. Adapun paradigma dalam penelitian ini adalah interpretative yakni sebuah upaya interpretasi yang dilakukan peneliti terhadap data-data yang ditemukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta didukung juga oleh studi pustaka yang relevan. Beberapa strategi yang digunakan dalam e-marketing 3S Opieun Nheunah, diantaranya yaitu: melalui media Online seperti Whatsapp, FB (3S Opieun nheunah), dan IG (@3s.opieun.nheunah); melalui Market Place (Grup Kuliner dan lain sebagainya); melalui platform aplikasi Gorowok, Gofood dan Grabfood; melalui Selebgram sebagai endorser; serta melalui Reseller secara online.  Menurut hasil penelitian, beberapa strategi ini dianggap cukup efektif untuk meningkatkan penjualan karena disamping bisa membuat produk UMKM Makanan 3S Opieun Nheunah bisa bertahan di masa pandemi, strategi ini juga mampu melahirkan sejumlah inovasi atau terobosan di bidang pengembangan produknya.


Kata Kunci: UMKM, e-Marketing, Pandemi Covid 19

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fanaqi, C., & Yatnosaoutro, R. U. D. S. (2022). STRATEGI E-MARKETING UMKM PRODUK MAKANAN 3S OPIEUN NHEUNAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i1.726

References

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20
Dyah, S., Irhas, E. M., Yuni, I., Rahajeng, A., & Dwi, R. E. (2019). Pemasaran Digital : Adopsi Media Sosial Pada UKM. Zahir Publishing.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gani, A. A. (2019). Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Pada UsahaMikro Kecil di Desan Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2), 415–417.
Haryanti, D. M. (2018). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. Ukmindonesia.Id. https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/potret-umkm-indonesia-si-kecil-yang-berperan-besar
Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif. Graha Ilmu.
Kurniawati, D. (2013). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2), 193–198. http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/download/200/162
Liu, E., & Sukmariningsih, R. M. (2021). Membangun Model Basis Penggunaan Teknologi Digital Bagi Umkm Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ius Constituendum, 6(1), 213. https://doi.org/10.26623/jic.v6i1.3191
PRATIWI, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm. Jurnal Ners, 4(2), 30–39. https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1023
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Rizki isnanda, E. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–4. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20445
Susanti, N. (2018). Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717–722. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2042
Thomas, V. F. (2020). Moody’s Prediksi Ekonomi Indonesia Melambat di 4,8% Akibat Corona Baca selengkapnya di artikel "Moody’s Prediksi Ekonomi Indonesia Melambat di 4,8% Akibat Corona. Tirto.Id. https://tirto.id/moodys-prediksi-ekonomi-indonesia-melambat-di-48-akibat-corona-eDPW