FITUR - FITUR DALAM SHOPEE DAN TIKTOK SHOP YANG MAMPU MENINGKATKAN PENJUALAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Antonius Felix
Alvin Saputra
Bimo Mukti Wibowo
Julius Julius
Lenisia Lenisia
Sophia Reni Susilo

Abstract

Penelitian ini menyelidiki fitur-fitur di Shopee dan TikTok Shop yang meningkatkan penjualan UMKM. Temuan menunjukkan Live Streaming, Gratis Ongkir, dan Potongan Harga efektif dalam meningkatkan penjualan dan daya saing. Live Streaming memperdalam pengalaman berbelanja, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan eksposur produk. Gratis Ongkir menarik pelanggan dari wilayah yang lebih luas. Potongan Harga menarik perhatian konsumen dan meningkatkan peluang konversi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling dari pelaku usaha fashion di Shopee dan Tiktok Shop yang sudah berjalan lebih dari 1 tahun dengan penjualan ratusan hingga ribuan produk. Kesimpulannya, fitur-fitur ini membantu UMKM meningkatkan penjualan dan daya saing online. Dengan pemahaman dan pemanfaatan yang kreatif, UMKM bisa sukses dalam bisnis online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Felix, A., Saputra, A., Wibowo, B. M., Julius, J., Lenisia, L., & Susilo, S. R. (2024). FITUR - FITUR DALAM SHOPEE DAN TIKTOK SHOP YANG MAMPU MENINGKATKAN PENJUALAN. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 6(1), 19-24. https://doi.org/10.51977/jdigital.v6i1.1648

References

Amijaya, S. Y., Seliari, T., & Oentoro, K. (2020). Produk Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. September 2020.
Annur, C. M. (2022). Survei BPS: Pelaku Usaha RI yang Berdagang di E-commerce Masih Minim. DataBoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/19/survei-bps-pelaku-usaha-ri-yang-berdagang-di-e-commerce-masih-minim
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Felix, A., Felina, S., & Claudia Natalie, C. (2024). Memahami Kepuasan Pelanggan : Mengeksplorasi Customer Experience dengan Pendekatan Observasi Online. Economics and Digital Business Review, 5(1), 87–99.
Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023a). Analysis of Key Factors for Improved Customer Experience, Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. APTISI Transactions on Technopreneurship, 5(2Sp), 196–208. https://doi.org/10.34306/att.v5i2sp.350
Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023b). Digital Transformation and the Customer Experience: Enhancing Engagement and Loyalty. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(03), 228–240. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.6195
Felix, A., Steven Jonathan Salim, Juan Matthew Karsten, Handoko, Anlovsky, & Daniel. (2023). Pemanfaatan Teknologi Layanan Fine Dining untuk Meningkatkan Customer Experience dan Influence Satisfaction. Technomedia Journal, 8(3 Februari), 91–104. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2170
George Edward Belch; Michael Belch. (2020). Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective McGraw-Hill Connect. Marketing Communications, January 2020.
Hatmawan, Slamet Riyanto, A. A. (2020). E - Book - Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen. SCRIBD. https://www.scribd.com/document/660122293/E-book-Metode-Riset-Penelitian-Kuantitatif-Penelitian-Di-Bidang-Manajem
Muhammad Rijal Fadli. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Nurbaiti, N., Aisyah, S., Rahma, T. I. F., & ... (2020). E-Commerce Trade In The Perspective Of Islamic Economy. … of Management and …, 6–12. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jombi/article/view/9425%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jombi/article/download/9425/4411
Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181
Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 14(2), 1–15.
Wahyudi. (2022). PENGARUH FLASH SALE, CASHBACK DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN MUSLIM ( Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Aceh).
Wangi, L. P., & . S. A. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3424
Wijaya, B., Yulita, H., & Delviani, S. (2021). Pengaruh Pengalaman Emosional, Electronic Word of Mouth, Reputasi, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen. Management and Accounting Expose, 3(2). https://doi.org/10.36441/accounting.v3i2.208
Yuli Nurhanisah. (2022). e-Commerce Semakin Eksis! Jumlahnya Capai 2,9 juta. Https://Indonesiabaik.Id. https://indonesiabaik.id/infografis/e-commerce-semakin-eksis-jumlahnya-capai-29-juta
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167