Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pesan, dan Frekuensi Penayangan Terhadap Efektivitas Iklan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Azizah Ainun Fitriani
Maylanny Christin

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh daya tarik, kualitas pesan, serta frekuensi penayangan terhadap efektivitas iklan layanan masyarakat Stunting Itu Penting, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan terhadap 30 responden berdomisili di Kota Tasikmalaya dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji T, serta uji F. Dari hasil uji diperoleh persamaan regresi Y= 4,783 + 0,347X1 + 0,585X2 – 0,170X3. Uji T menujukkan kualitas pesan berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas iklan, sementara daya tarik dan frekuensi penayangan tidak memberikan pengaruh secara signifikan. Uji F menunjukkan ketiga variabel independen berpengaruh secara simultan terahadap efektivitas iklan dengan koefisien determinasi sebesar 48,3%.


Kata kunci : daya tarik; kualitas pesan; frekuensi penayangan; efektivitas iklan


 


ABSTRACT


This research was conducted to find out the effect of attractiveness, message quality, and ad frequency on Stunting Itu Penting PSA, partially and simultaneously. This research used 30 respondents from Tasikmalaya as sample by using purposive sampling technique. The methods used were normality test, validity test, classic assumption test, multiple linear regression analysis, T-test, and F-test. The result shows regression equation as follow: Y= 4,783 + 0,347X1 + 0,585X2 – 0,170X3. T-test shows that message quality affects ad effectiveness significantly, while attractiveness and ad frequency don’t affect ad effectiveness significantly. F-test shows the independent variables affect ad effectiveness simultaneously with coefficient of determination  48,3%.


Keywords : attractiveness; message quality; ad frequency; ad effectiveness

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ainun Fitriani, A., & Christin, M. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pesan, dan Frekuensi Penayangan Terhadap Efektivitas Iklan. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 1(1), 11-22. https://doi.org/10.51977/jdigital.v1i1.160

References

Albari. (2007). Efektivitas Iklan Televisi Sabun Pembersih Muka di Kota Yogyakarta (Pendekatan Consumer Decision Model). Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, 9 (1), 1-21.

Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. (2018). Kota Tasikmalaya dalam Angka. Tasikmalaya : BPS Kota Tasikmalaya.

Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. (2019). Kota Tasikmalaya dalam Angka. Tasikmalaya : BPS Kota Tasikmalaya.

Bram, Yudi. F. (2005). Analisis Efektivitas Iklan sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT Rambang dengan Menggunakan Metode EPIC Model. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya, 3 (6), 1-23.

Bungin, Burhan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Boove, CL dan WF Arens. (1986). Comtemporary Advertising. Blionis: Invin Homewood.

Cannon, J. P., W. D. Perault, & E. J. McCarthy. (2009). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global, 16 ed. Jakarta : Salemba Empat.

Effendy, Onong. (2007). ILMU KOMUNIKASI – Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fajrian. (2018, 24 Desember). Catatan Kesehatan Indonesia Sepanjang 2018 . CNN Indonesia. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2019, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181217130400-255-354250/catatan-kesehatan-indonesia-sepanjang-2018

Hendryadi dan Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Hidayat, Ayat & Sentosa, Perdana. (2014). Riset Terapan Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Globalstat Solusi Utama.

Humas Bappeda Jabar. (2018, 9 November). Cegah Stunting, Jabar Akan Gelar Kampanye Zero Stunting 2023. Bappeda Jabar. Diperoleh tanggal 6 September 2019, dari http://bappeda.jabarprov.go.id/cegah-stunting-jabar-akan-gelar-kampanye-zero-stunting-2023/

Indriarto, Fidelis. (2006). Studi Menegenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan (Studi Kasus Iklan L-Men & Fren). Jurnal Sains Pemasaran Indonesi, 5 (3), 243-268.

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan. Jakarta : Temprint.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Upaya Percepatan Penurunan Stunting : Evaluasi Pelaksanaan Tahun 2018 & Rencana Tindak Tahun 2019. Jakarta :
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diperoleh: 25 Agustus 2019, dari http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Evaluasi%202018%20dan%20Rencana%20Tindak%20Lanjut%20Penurunan%20Stunting.pdf

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane, Alih Bahasa Benyamin Molan, (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. PT. Indeks.

Kriyantono, Rachmat. (2013). Manajemen Periklanan. Malang : UB Press.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Munas, Bambang dan Faela Sufa. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap PADA Mahasiswa Kost DI Sekitar Kampus Undip, Tembalang), Diponegoro Journal of Management, 1 (1), 226-233.

Nurfebiaraning, Sylvie. (2017). Manajemen Periklanan. Yogyakarta : Deepublish.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta : ANDI.

Pusat Data dan Informasi. (2018). Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Jakarta : Pusat Data dan Informasi.

Rakhmat, Drs. Jalaludin. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: CV Remadja Karya.

Restuti, Sri dkk. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen Pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil Of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21 (3), 1-15.

Rossiter, J. & Percy, L. (1987) Marketing principles & perspective, International Edition. New York: McGraw-Hill.

Rusmana, Agus, dkk. (2019). Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer. Sumedang : Unpad Press.

Setiaputri, Karinta Ariani. (2017, 8 Oktober). Mengenal Stunting, Kondisi Tubuh Anak Pendek yang Ternyata Berbahaya. Hello Sehat. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2019, dari https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/stunting-adalah-anak-pendek/

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan & Promosi: Aspek Tambahan Komnikasi Terpadu; Alih Bahasa, Dwi Kartini Yahya, Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan & Promosi: Aspek Tambahan Komnikasi Terpadu; Alih Bahasa, Dwi Kartini Yahya, Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susilawaty, Desy. (2018, 24 Januari). WHO: 7,8 Juta Balita di Indonesia Penderita Stunting. Republika. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2019, dari https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/01/24/p30s85396-who-78-juta-balita-di-indonesia-penderita-stunting

Wiryanto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.

______. (2013, 25 Maret). 10 Negara dengan Sanitasi Terburuk di Dunia, Indonesia Peringkat 2. Detik Health. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2019, dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2202429/10-negara-dengan-sanitasi-terburuk-di-dunia-indonesia-peringkat-2 diakses 25 agustus 2019

______. (2018, 2 November). Potret Sehat Indonesia dari Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2019, dari http://www.depkes.go.id/article/view/18110200003/potret-sehat-indonesia-dari-riskesdas-2018.html

______. (2019, 11 Maret). Lima Isu Prioritas, Tantangan Balitbangkes 5 Tahun ke Depan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diperoleh tanggal 25 Agustus 2019, dari http://www.depkes.go.id/article/view/19031100002/lima-isu-prioritas-tantangan-balitbangkes-5-tahun-ke-depan.html