https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/issue/feed Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) 2024-10-08T03:13:58+00:00 Dinar Dina Karamani dinar@ars.ac.id Open Journal Systems <div style="’text-align: justify;">Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) dikelola oleh Fakultas Komunikasi dan Desain Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (ARS) University dan diterbitkan sejak Februari 2022 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ARS University. Jurnal terbit tiap bulan Februari dan Agustus. JDCODE adalah Media Karya Mahasiswa Komunikasi dan Desain berupa hasil riset dan kajian dengan scope berbagai objek yang dikaji melalui perspektif ilmu komunikasi dan desain. Komunikasi meliputi komunikasi digital, komunikasi antarpribadi, komunikasi keluarga, komunikasi kelompok, komunikasi publik, komunikasi media, komunikasi budaya dan pariwisata, komunikasi politik, komunikasi kesehatan, komunikasi lingkungan, komunikasi dakwah, public relations dan budaya. Desain Komunikasi Visual meliputi kajian seni, budaya, dan desain multimedia.</div> https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1326 PEMAHAMAN REMAJA MENGENAI KESETARAAN GENDER MELALUI IKLAN GOPAY X ALFAMART #KEBAHAGIAANKECIL 2024-09-24T02:12:23+00:00 Eli Susana cvbhakti1964@gmail.com Lisa Nurjanah eli.susana@ars.ac.id Rita Herlina rita@ars.ac.id <p>Artikel ini membahas mengenai iklan kampanye kreatif yang dilakukan oleh Alfamart dan GoPay dalam mengangkat permasalahan mengenai kesetaraan gender, khususnya dalam ranah domestik. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman kesetaraan gender dari remaja laki-laki kota Bandung. Dari data primer yang diperoleh melalui wawancara, dapat dihasilkan bahwa iklan kampanye kreatif Alfamart x Gopay #KebahagiaanKecil ini sudah mampu memberikan pemahaman yang baik mengenai gender dan kesetaraan gender, sehingga iklan kampanye kreatif ini juga layak untuk dijadikan acuan singkat dalam memahami kesetaraan gender, khususnya dalam rumah tangga.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-08-27T09:29:22+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1849 POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROFESI DALANG DALAM GENERASI KETURUNAN ABAH SUNARYA DI GIRI HARJA 2024-09-24T02:12:42+00:00 Nasa Farihatul Jannah nasafarihatul2@gmail.com Iris Fatia Maharani nasafarihatul@gmail.com Vina Dartina nasafarihatul@gmail.com <p>Pola asuh orang tua memiliki dampak besar terhadap pembentukan cara berpikir seorang anak. Hal tersebut menjadi acuan yang dapat merangsang kemampuan anak terhadap keputusan-keputusan yang akan mereka ambil, salah satunya berpengaruh terhadap pemilihan profesi. Giri Harja merupakan sebuah daerah yang identik dengan kesenian mendalang. Keluarga Abah Sunarya adalah salah satu yang telah dikenal sebagai keluarga dalang. Selama ini, profesi dalang menjadi sebuah pekerjaan yang secara langsung bersifat diwariskan. Terjadi perubahan pada keluarga Abah Sunarya yang di mana tidak semua keturunannya mewariskan dan meneruskan profesi dalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang berbeda dari keluarga Abah Sunarya sehingga terjadi perbedaan profesi pada keturunannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi melalui pendekatan deskriptif. Pola asuh keluarga Abah Sunarya yang diterapkan di era modernisasi membuat anak-anaknya memiliki kebebasan dalam menentukan profesinya sendiri.</p> 2024-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1867 APLIKASI VIDEO PENDEK REDZ : INOVASI DIGITAL PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN NARASI PALESTINA 2024-09-24T02:30:27+00:00 Saepul Hayat saepulshp11@gmail.com Dinar Dina Karamani dinar@ars.ac.id Acep Rohendi saepulshp11@gmail.com <p>Perkembangan teknologi digital telah secara signifikan mengubah cara informasi disebarkan dan diterima di seluruh dunia. Konflik Palestina-Israel, yang telah berlangsung selama beberapa dekade, sering kali diberitakan dengan narasi yang bertentangan. Artikel ini meneliti aplikasi REDZ, sebuah inovasi dalam digital public relations yang bertujuan untuk mempromosikan narasi Palestina secara global. Melalui metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis penggunaan REDZ oleh warga Palestina untuk menyampaikan pengalaman dan perjuangan mereka kepada audiens global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REDZ berhasil menyediakan platform yang transparan dan efektif untuk komunikasi strategis, membangun kesadaran global, dan menggalang dukungan internasional. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam studi digital public relations dan menunjukkan pentingnya inovasi digital dalam advokasi dan perubahan sosial.</p> 2024-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1868 PEMASARAN DIGITAL USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BATA MERAH DI DESA LINGGAMUKTI 2024-09-24T02:43:29+00:00 Iden Muhamad Romadoni idenonemail@mail.com Dasrun Hidayat idenonemail@mail.com Rian Andriani idenonemail@mail.com Rinawati Rinawati idenonemail@mail.com <p>Artikel ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis pemasran digital UMKM bata merah di Desa Linggamukti terkait pengelolaan konten. Pada era digital, pemasaran digital menjadi alat yang penting bagi pelaku usaha untuk melakukan pemasaran produk, hal ini juga mempengaruhi cara pelaku usaha UMKM dalam mengelola konten yang menjadi dasar dalam menerapkan pemasaran digital. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 8 responden yang merupakan pelaku usaha bata merah di Desa Linggamukti. Data dianalisis mengunakan olah data dengan mereduksi, mendisplay dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil menujukan bahwa pelaku UMKM tidak begitu mengoptimalkan perencanaan pemasaran digital yang baik. Faktor-faktor seperti penargetan target audiens, menentukan platfrom media dan pendistribusian konten yang tidak dipersiapkan dengan baik, yang mempengaruhi tidak optimalnya penerapa pemasaran digital oleh pelaku UMKM.</p> 2024-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1719 KAMPANYE DIGITAL #AllEyesonRafah DI INSTAGRAM DALAM MENGUBAH PERSPEKTIF DAN MEMBANGUN SOLIDARITAS KEMANUSIAAN 2024-10-08T03:13:58+00:00 Hermi Zakia hermizakia25@gmail.com Ignatius Wiseto Prasetyo Agung hermizakia25@gmail.com <p>Penyebaran informasi <em>digital campaign #All Eyes on Rafah</em> melalui <em>platform</em> media sosial adalah solusi untuk mengubah persepsi dan menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda kota Bandung terhadap warga Gaza Palestina. Strategi penyebaran informasi menggunakan inovasi terbaru mengikuti perkembangan teknologi digital pada era digitalisasi. <em>Instagram</em> dipilih karena menjadi aplikasi paling banyak penggunanya dari kalangan generasi muda Generasi Y-Z 18-35 Tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan teori <em>diffusion of innovation model</em>, dengan jumlah 8 informan dengan rata-rata usia 20-31 tahun, teknik pengumpulan melalui wawancara via <em>online</em> dan <em>offline</em>. Tujuan penelitian ini yakni untuk memperoleh bukti bahwa penyebaran informasi melalui <em>Instagram</em> menghasilkan efek perubahan persepsi dan perilaku generasi muda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbuktinya bahwa penyebaran informasi melalui Instagram adalah strategi yang efektif dalam membangun persepsi dan mengubah perilaku di era digitalisasi saat ini. peneliti juga menemukan keunggulan dan kekurangan media sosial <em>Instagram</em> dalam penyebaran informasi, keunggulan terdapat pada prosesnya yang <em>instan, fleksibel</em>, jangkauan yang luas dan mengandalkan fitur yang tersedia. kekurangan yang dimiliki yaitu informasi yang mudah dimanipulasi oleh oknum, oleh karena itu pentingnya pemikiran kritis dalam menerima hingga mengkonsumsi suatu informasi dari <em>Instagram</em>, dikarenakan Informasi memiliki kemampuan dalam mengubah persepsi dan perilaku individu.</p> 2024-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE)