PEMASARAN DIGITAL USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BATA MERAH DI DESA LINGGAMUKTI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iden Muhamad Romadoni
Dasrun Hidayat
Rian Andriani
Rinawati Rinawati

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis pemasran digital UMKM bata merah di Desa Linggamukti terkait pengelolaan konten. Pada era digital, pemasaran digital menjadi alat yang penting bagi pelaku usaha untuk melakukan pemasaran produk, hal ini juga mempengaruhi cara pelaku usaha UMKM dalam mengelola konten yang menjadi dasar dalam menerapkan pemasaran digital. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 8 responden yang merupakan pelaku usaha bata merah di Desa Linggamukti. Data dianalisis mengunakan olah data dengan mereduksi, mendisplay dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil menujukan bahwa pelaku UMKM tidak begitu mengoptimalkan perencanaan pemasaran digital yang baik. Faktor-faktor seperti penargetan target audiens, menentukan platfrom media dan pendistribusian konten yang tidak dipersiapkan dengan baik, yang mempengaruhi tidak optimalnya penerapa pemasaran digital oleh pelaku UMKM.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Akrimi, Y., & Khemakhem, R. (2012). What Drive Consumers to Spread the Word in Social Media? Journal of Marketing Research & Case Studies, 2012, 1–14. https://doi.org/10.5171/2012.969979
Apriyani, Y., Hajarudin, Saefullah, A., Agustina, I., Tahang, M., Rahayu, S. D., Krisanti, I., & Kusuma, M. S. A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Program Jaklingko. Jurnal Mahasiswa Kreatif , 2(2), 01–13.
Chakti, G. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING (Sobirin (ed.)). Clebes Media Perkasa.
CONTENT MARKETING INSTITUTE. (n.d.). What Is Content Marketing. 2003. https://contentmarketinginstitute.com/what-is-content-marketing/
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). MARKETING 4.0 BERGERAK DARI TRADISIONAL KE DIGITAL (A. Tarigan (ed.)). PT Gramedia Pustaka Utama.
Maeskina, M. M., & Hidayat, D. (2022). Adaptasi Kerja Content Creator di Era Digital. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5150
Meodia. (2020). Landasan TeTerdahulu, P. (n.d.). Landasan Teori & Konsep. Journal, 12–27.ori & Konsep. Journal, 12–27.
Muhammad, B. L. S., & Utami, T. L. W. (2023). Penerapan Pemasaran Digital sebagai Media Promosi. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 501–508. https://journal.unimma.ac.id
Mulasih, S., & Saefullah, A. (2024). Tren Pemasaran Digital: Analisis Perbandingan Platform Media Sosial Facebook Ads Dan Google Ads. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 3(1), 89–101.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056
Poluan, J. G., Mandey, S. L., & Massie, J. D. D. (2022). Analisis Digital Marketing Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata Di Kota Tomohon Sulawesi Utara. JMBI UNSRAT (Jurnal …, 9(2), 723–741. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/43427%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/download/43427/38136
Purwati, D. (2024). INOVASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE Devid Purwati Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis , S1 Manajemen Universitas Terbuka Abstrak Dengan adanya internet dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat memb. SAE (Study of Applied Enterpreneurship), 1(1), 34–43.
Qhorni, H., & Putra, R. (2023, August). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Konten Tips dan Trik. In Bandung Conference Series: Communication Management (Vol. 3, No. 2).
Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior (New Jersey). Pearson Education International.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D ((Ke-2)). Alfabeta.
Susana, E., Berliani, A. N., Hidayat, D., Purwadhi, P., & Maharani, I. F. (2023). Kompetensi Komunikasi dalam Proses Adaptasi Tim Startup Digital Kampus. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(2), 325–337. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i2.9164
Syahrinita. (2018). Perancangan Iklan Media Ceta dalam Memperkuat Brand Awareness Deodorant Powder MBK Sebagai Produk yang Cepat Menyerap Keringat. 18–19.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen, XIII No 1(E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620), 89–96. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590/801
Wati, P. A., Martha, A. J., & Indrawati, A. (2019). DIGITAL MARKETING (A. N. Fransiska (ed.)). Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019).
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 198–209. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.24275