POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROFESI DALANG DALAM GENERASI KETURUNAN ABAH SUNARYA DI GIRI HARJA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nasa Farihatul Jannah
Iris Fatia Maharani
Vina Dartina

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki dampak besar terhadap pembentukan cara berpikir seorang anak. Hal tersebut menjadi acuan yang dapat merangsang kemampuan anak terhadap keputusan-keputusan yang akan mereka ambil, salah satunya berpengaruh terhadap pemilihan profesi. Giri Harja merupakan sebuah daerah yang identik dengan kesenian mendalang. Keluarga Abah Sunarya adalah salah satu yang telah dikenal sebagai keluarga dalang. Selama ini, profesi dalang menjadi sebuah pekerjaan yang secara langsung bersifat diwariskan. Terjadi perubahan pada keluarga Abah Sunarya yang di mana tidak semua keturunannya mewariskan dan meneruskan profesi dalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang berbeda dari keluarga Abah Sunarya sehingga terjadi perbedaan profesi pada keturunannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi melalui pendekatan deskriptif. Pola asuh keluarga Abah Sunarya yang diterapkan di era modernisasi membuat anak-anaknya memiliki kebebasan dalam menentukan profesinya sendiri.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan Komunikasi Antarpribadi Dalam Menciptakan Keharmonisan Keluarga Di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. Jurnal Acta Diurna, 1.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 104.
Dartina, V. (2021). Komunikasi Asik Keluarga di Tengah Pandemi. Jurnal AbdiMU, 20.
Dhari, W. Y. (2019). Pewarisan Keahlian Mendalang pada Keluarga Dalang Wayang Golek Abah Sunarya. Indonesian Journal of Anthropology.
Fauzi, R., & Nurislamiah. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Kajian Komunikasi : Implikasi Terhadap Hubungan Keluarga. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 76.
Ichsan, Y., Afadh, M., Fatahillah, M., & Erlangga, B. A. (2021). Implementasi Seni Dalam Pendidikan Islam Di Era Modern. Jurnal Pustaka, 48.
Kamalia, Dzaky, A. H., & Ferdiansyah, R. (2022). Hukum Waris Adat Indonesia Di Era Modernisasi Zaman. Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 4.
Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Islam, 115.
Radjagukguk, D. L. (2018). Implementasi Pola Komunikasi Antar Pribadi Pada Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 50.
Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Ilmu Dakwah, 17.
Rahmawati, & Gazali, M. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Jurnal Al-Munzir, 166.
Ramadhanu, A. C., Sunarya, Y., & Nurhudaya. (2019). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 7.
Sadono, S., Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2018). Pewarisan Seni Wayang Golek Di Jawa Barat. Jurnal Rupa, 158.
Santosa, A. M. (2019). Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua Dan Anak Dalam Proses Pengembangan Bakat Dan Pemilihan Karir Anak Dengan Pilihan Profesi Musisi. Jurnal Interaksi Online, 2.
Setiawan, E. (2020). Makna Nilai Filosofi Wayang Kulit Sebagai Media Dakwah. Jurnal Al-Hikmah, 39.
Sukarno, B. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga Dalam Perkembangan Anak. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 7.
Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Journal Of EST, 154.
Suteja, J., & Yusriah. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5.
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 155.
Wicaksandita, I. D. K. (2023). Signifikansi Narasi-Vokal Dan Gerak Yoga Dalam Membangun Karakter Tokoh Pada Suasana Mistik Adegan Setra Pertunjukan Teater Pakeliran Puyung Bolong Telah Ilang Karya I Gusti Putu Sudarta. Jurnal Damar Pedalangan, 67.
Hasanah, U., Fatonah, I., Chasanatin, H., & Deiniatur, M. (2019). Psikologi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6486/1/Psikologi Pendidikan.pdf
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=Metodologi+penelitian+kualitatif+memiliki+tujuan+untuk+menganalisis+dan+mendeskripsikan+fenomena+atau+objek+penelitian+melalui+studi+aktivitas+sosial,+sikap,+dan+persepsi+individ
Margarita, & Phidolija, T. (2021). Profesi Guru Adalah Misi Hidup.https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yNpVEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA80&dq=profesi+adalah&ots=u_Jr3ZEaw9&sig=znCregbIaJpWmO77v5dzjOqdXZU&redir_esc=y#v=onepage&q=profesi adalah&f=false
Roem, E. R., & Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal.
Teonata, A. (2021). Bunga Rampai Keluarga Tangguh 1. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_IdYEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=quality+time+keluarga&ots=kcxyVqnG9S&sig=Wp3_5ppBv1-RglcKKQI6hkUZzV0&redir_esc=y#v=onepage&q=quality time keluarga&f=false
Larasati, D. B. (2021). Pengertian Profesi Menurut Ahli, Syarat dan Karakteristik yang Membedakan dengan Pekerjaan Lain. Diadona.Id. https://www.diadona.id/career/pengertian-profesi-menurut-ahli-syarat-dan-karakteristik-yang-membedakan-dengan-pekerjaan-lain-21062.html
Rushans, N. (2023). Mengenal Profesi Turun-temurun Khas Daerah di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/novalyrushans7264/64f6b191bf54782bcc5a6ca2/ini-profesi-dengan-latar-belakang-daerah-inilah-ciri-ke-khasan-indonesia
Sariwati, P. (2021). Larry Dalang Cilik Keturunan Tionghoa. Voaindonesia. https://www.voaindonesia.com/a/larry-dalang-cilik-keturunan-tionghoa/5963140.html
Setiawan, P. (2024). Pengertian Profesi – Profesionalisme, Professional, Syarat, Ciri, Contoh, Para Ahli. Gurupendidikan.Com. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-profesi/