STRATEGI RADIO REKS FM GARUT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITALISASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fiqi Bayu Anugrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana radio reks fm garut melakukan strategi pada perencanaan program, produksi program, eksekusi program pengawasan dan evaluasi program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskritif. Teori yang digunakan dalam penelitia ini adalah teori Harold Lasswel, Teknik pengumpulan data dengan cara obsservasi, wawancara dan literatur. Informan yang dipilih berjumlah satu orang atau lebih yang merupakan Manager Program dan Produksi “Reks FM”. Radio merupakan media yang muncul dikarenakan adanya kebutuhan dari masyarakat atau khalayak ramai untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Seiring dengan berkembangnya zaman digitalisasi, radio juga mengalami beberapa perubahan untuk beradaptasi untuk mempertahankan eksistensiya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan untuk mempertahankan eksistensi radio Reks FM ditengah berkembangnya era digitalisasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa radio Reks FM mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan konsep yang meliputi: 1) Perencanaan Program. 2) Produksi program3) Eksekusi Program. 4) Evaluasi. Selain dari keempat strategi itu, Radio Reks FM juga memanfaatkan media-media sosial atau media digital untuk mempertahankan eksistensinya seperti Instagram, Youtube, maupun Live Streaming. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Rosyid, R. N. (2020). Strategi Kreatif Mempertahankan Eksistensi Lembaga Penyiaran Radio Rasika FM Ungaran di Era Digital (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Hasanah, K., & Nasution, N. (2021). Strategi Radio Citra Buana Fm Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Digital (Doctoral dissertation, UMSU).

Amelia, D. R. (2021). Strategi MGT Radio dalam mengemas program Berita di era Digital: Studi kegiatan penyiaran Berita di MGT Radio 101.1 FM Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Winie, L. (2021). Strategi Radio 87, 9 Purnama FM Tasikmalaya dalam Menjaga Eksistensinya di Era Digital (Doctoral dissertation, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim).
Yunita, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Radio Dangdut Terdepan Di Jakarta (Studi Kasus Eksistensi Radio Cbb 105, 4 Fm). Jurnal Komunikasi, 8(1).
Syafna, D. Z. A. Strategi Program Rising Star Di 107.3 fm Star Radio Tangerang Dalam Menarik Minat Pendengar Di Era Digital (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Gozali, A. (2020). Strategi Komunikasi Penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) di Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Tiara, E., & Oktaviani, F. (2021). STRATEGI PR RADIO DAHLIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA INDUTRI 4.0. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 22-37.
Purdiningtiyas, W. (2018). Strategi Komunikasi Penyiar Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Dakwah Di D! Radio Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Hendrarto, D., & Ruliana, P. (2019). Strategi Public Relations Radio Delta FM Dalam Mempertahankan Pendengar Melalui Media Sosial. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(2), 166-178