PERANCANGAN ULANG IDENTITAS BRAND KOPI TUBRUK KAPAL SELAM
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Brand kopi Kapal Selam berdiri pada tahun 1930 dan merupakan satu pelopor kopi tubruk fresh di Bandung yang sudah mencapai generasi ketiga. Brand ini mempertahankan kualitas kopi yang diolah secara semi konvensional dengan varian kopi seperti Arabica, Robusta, dan Luwak Liar dari berbagai daerah di Indonesia. Tujuan perancangan ulang identitas brand adalah untuk menyampaikan nilai-nilai brand kopi Kapal Selam kepada generasi sekarang. Meskipun sudah memiliki pelanggan yang setia, namun tantangan yang muncul adalah bagaimana kopi Kapal Selam dapat diterima oleh generasi sekarang sebagai kopi fresh yang tetap relevan dengan aktivitas dan minat mereka. Metode penelitian dilakukan melalui data kualitatif dan menggunakan metode perancangan identitas brand dengan pendekatan berpikir abstrak-konseptual. Tahap perancangan identitas brand kopi Kapal Selam merupakan proses atau kegiatan branding yang menyeluruh. Proses yang dilakukan adalah menciptakan nilai-nilai brand dalam upaya menghasilkan solusi yang sesuai dengan brand positioning dan brand essence yang akan diterima oleh sasaran yang dituju.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ardiansyah, A., Rohman, M.A., & Hermanto, Y.A.L. (2022). Perancangan Redesain Brand Identity “Anamid’ Coffee. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(3), 2022, 333 –348. DOI:10.17977/um064v2i32022 p333-348
Hamdan, D., & Sontani, A. (2018). Coffee: Karena Selera Tidak Dapat Diperdebatkan. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka.
Julianti, S. (2017). A Practical Guide to Flexible Packaging: Material, Teknologi dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.
Rahayu, L.M. & Noorman, S., & Fakhrunnisa, R. (2019). Kopi Priangan: Pengukuhan Identitas Melalui Budaya Ngopi dan Bermedsos (Media Sosial). Jurnal Sosioteknologi Vol. 18, No. 3. DOI:org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.3.8
Rizal, E.S., & Maulana, S. (2021). Redefinisi Desain: Menghubungkan Makna Desain dengan Mentalitas Berinovasi. Bandung: Cyan -CmykPress.
Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Septian., et al. (2018). Kopi: Aroma, Rasa, Cerita. Jakarta: Pusat Data dan Analisa Tempo.
Solikatun., Kartono, D.T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi. 4(1): 60 –74. DOI: https://doi.org/10.20961/jas.v4i1
Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Wiraseto, D. (2016). Coffee United Brewing for Harmony. Jakarta: Ministry of Tourism Republic of Indonesia.
Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity : an essential guide for the whole branding team, 3rd ed. Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.
Anonim. Legenda Kopi Tubruk, Mitos atau Fakta? Retrieved November 6, 2022, from https://coffeetalk.id/legenda-kopi-tubruk-mitos-atau-fakta/
Anonim. The OG Process of Brewing Coffee:Kopi Tubruk. Retrieved November 5, 2022, from https:// www.superlive.id/index.php/news/membongkar-mitos-kuno-soal-kopi-tubruk-anak-muda-mesti-tahu-soal-ini