ELEMEN PENDUKUNG INTERIOR PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK GRHA BUNDA BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Santi Salayanti
Shafira Rosdiani

Abstract

Rumah Sakit Ibu dan Anak merupakan sarana kesehatan khusus yang melayani pemeriksaan ibu selama masa kehamilan hingga melahirkan dan memberikan pelayanan bagi kesehatan anak-anak, Rumah Sakit Ibu dan Anak juga sebaiknya memperhatikan aspek psikologi pasien dan kebutuhan pasien dalam tatanan desain yang bisa mendukung proses penyembuhan. Selain dibutuhkannya fasilitas yang dapat mewadahi seluruh aktivitas pengguna, juga dibutuhkan suasana ruang yang dapat memberikan rasa nyaman, aman serta mengurangi stress saat berada didalamnya dengan tujuan mampu mempercepat proses penyembuhan pasien, atau yang bisa disebut dengan healing environment. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi konsep healing environment pada rumah sakit ibu dan anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan, mengkaji teori dengan desain yang sudah ada untuk diaplikasikan pada perancangan interior rumah sakit. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan pengetahuan dibidang akademik maupun pemanfaatan praktis di lapangan oleh masyarakat khususnya pihak rumah sakit untuk pengembangan interior.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Salayanti, S., & Rosdiani, S. (2022). ELEMEN PENDUKUNG INTERIOR PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK GRHA BUNDA BANDUNG. Wacadesain, 3(1), 18-23. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v3i1.369

References

Birren, F. (1961). Color Psychology and Color Therapy (New Hyde Park, NY. University Books, Inc.
Cardiah, T., Firmansyah, R., & Sudarisman, I. (2019). The Application of Standard Anthropometry and Furniture Ergonomics Through Sub-District Office Interiors Design in Dayeuhkolot-Bandung District [The Application of Standard Anthropometry and Furniture Ergonomics Through Sub-District Office Interiors Desig. Proceeding of Community Development, 2, 467–476.
Firmansyah, R., Wulandari, R., Cardiah, T., Syahida, A. N., & Hasanah, N. (n.d.). Analysis of the Application of Universal Design Standards to Interior-Architecture Design. 6th Bandung Creative Movement 2019, 334–337.
Goethe, J. W. von, & Eastlake, C. L. (2006). Theory of colours. Dover.
Huisman, E. R. C. M., Morales, E., van Hoof, J.,&Kort, H.S.M.(2012). Healing environment: A review of the impact of physical environmental factors on users. Building and Environment,58,70–80. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2012.06.016