Analisis Rekomendasi Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual (DKV) Berbasis Potensi Industri Kreatif Di Kota Tegal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Ramdhani
Robby Hardian
Dedit Priyono

Abstract

Abstrak


Potensi yang dimiliki suatu daerah merupakan modal dasar dalam perencanaan dan pembangunan pendidikan khususnya desain komunikasi visual (DKV) pada era industri kreatif dan perkembangan media digital saat ini. Upaya dilakukan melalui identifikasi SMK bidang DKV di wilayah Tegal seperti program keahlian multimedia, produksi dan siaran program telivisi, dan animasi yang setiap tahunya memiliki daya serap lulusan sejumlah kurang lebih 650 siswa. Serta kebutuhan industri dan profesi bidang DKV dengan melihat kondisi eksisting yang ada. Hal ini memberikan dampak positif seiring dengan cakupan pengembangan ilmu DKV yang semakin meluas dan tuntutan pemenuhan tenaga kerja di bidang DKV yang semakin diperlukan. Penelitian ini bertujuan menggali potensi berdasarkan kebutuhan industri dan profesi bidang DKV dalam merekomendasikan program pendidikan DKV di Kota Tegal. Sehingga dapat saling sinergi antara pendidikan dengan industri dalam membangun peningkatan mutu SDM bidang DKV. Metode penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data kulitatif dan analisis etnografi Spradley dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara yang menekankan pada proses analisis data terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriptif berupa rekomendasi usulan dalam menentukan program pendidikan DKV sesuai dengan kondisi eksisting dan kriteria yang dibutuhkan oleh industri kreatif maupun bidang DKV di Kota Tegal. Hasil penelitian disimpulkan dan direkomendasikan sebagai dasar acuan untuk menyusun langkah strategis dalam perencanaan dan pengembangan program Pendidikan DKV di Kota Tegal sesuai dengan kebutuhan industri dan profesi yang ada serta dapat membantu menjadi motor penggerak ekonomi dan meningkatkan edit value dari sebuah desain.


Kata kunci : Etnografi Spradley, DKV Industri Kreatif,, Kota Tegal.


 


Abstract


The potential of an area is the basic capital in education planning and development, especially visual communication design (DKV) in the era of creative industries and the development of digital media today. Efforts were made through the identification of Vocational Schools in the field of DKV in the area of ​​Tegal such as multimedia expertise programs, production and broadcast television programs, and animation that each year has an absorption capacity of approximately 650 students. As well as industry and professional needs in the field of DKV by looking at existing conditions. This has a positive impact as the scope of DKV science development becomes more widespread and demands for the fulfillment of workers in the DKV field are increasingly needed. This study aims to explore the potential based on industry and professional needs in the field of DKV in recommending DKV education programs in Tegal. So that there can be synergy between education and industry in building quality improvement in the field of DKV HR. This research method uses skinnative data collection techniques and Spradley ethnographic analysis by conducting field observations and interviews that emphasize the process of analyzing data on the dynamics of the relationship between observed phenomena, which is then followed by a descriptive analysis in the form of recommended recommendations in determining the DKV education program in accordance with existing conditions and criteria needed by the creative industries and DKV fields in Tegal City. The results of the study were concluded and recommended as a basis for compiling strategic steps in the planning and development of the DKV Education program in Tegal City in accordance with the needs of the industry and the existing profession and can help to become an economic driving force and improve the editing value of a design.


 Keywords: DKV Creative Industries, Spradley Ethnography Tegal City.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramdhani, A., Hardian, R., & Priyono, D. (2020). Analisis Rekomendasi Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual (DKV) Berbasis Potensi Industri Kreatif Di Kota Tegal . Wacadesain, 1(1), 34-47. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v1i1.193

References

Austin, Tricia. & Doust, Richard. 2007. New Media Design, Context Methods And Technique Professional Pratice Careers Reference (Potofolio). London: Laurence King Publishing.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Indonesia. 2014. Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

DITJEN Kelembagaan IPTEK dan DIKTI. 2017. Draft Nomenklatur pada Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Ghozali, A. & Nadinastiti. 2009. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Desain Nasional 2015-2019. Jakarta: PT. Republik Solusi.

Kemenaker. 2014. KKNI, Tim Pengembang. Permen Ketenagakerjaan RI Nomor 21 Tahun 2014, tentang pedoman penerapan KKNI. Jakarta: Kemenaker Republik Indonesia.

Kemenaker. 2016: SKKNI, Tim Pengembang. Kepmen Ketenagakerjaan RI Nomor 301 Tahun 2016, tentang penetapan SKKNI kategori aktivitas profesional, ilmiah dan teknis lainya bidang Desain Grafis dan DKV. Jakarta: Kemenaker Republik Indonesia.

Kemenakertrans. 2014. SKKNI, Tim Pengembang. Kepmen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 76 Tahun 2014, tentang penetapan SKKNI kategori kesenian, hiburan dan rekreasi, golongan pokok kegiatan hiburan, kesenian dan kreativitas, profesi penata artistik film. Jakarta. Kemenakertrans Republik Indonesia.

Kemenakertrans. 2014. SKKNI, Tim Pengembang. Kepmen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 81 Tahun 2014, tentang penetapan SKKNI kategori kesenian, hiburan dan rekreasi golongan pokok kegiatan hiburan, kesenian dan kreativitas pada jabatan kerja operator kamera (juru kamera). Jakarta. Kemenakertrans Republik Indonesia.

Kemenakertrans. 2010. SKKNI, Tim Pengembang. Kepmen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 109 Tahun 2010, tentang penetapan SKKNI sektor komunikasi dan informatika sub sektor teknologi dan komunikasi bidang keahlian desain grafis. Jakarta. Kemenakertrans Republik Indonesia.

Kemenakertrans. 2011. SKKNI, Tim Pengembang. Kepmen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 273 Tahun 2011, tentang penetapan rancangan Kemenakertrans. (2014): SKKNI, Tim Pengembang. Kepmen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 355 Tahun 2014, tentang penetapan SKKNI kategori jasa profesional, ilmiah dan teknis golongan pokok jasa profesional, ilmiah dan teknis lainnya bidang fotografi. Jakarta. Kemenakertrans Republik Indonesia.

Kemenristekdikti. 2015. KKNI: Dokumen 001. Jakarta. Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Marzali, Amri. 2006. Metode Etnografi, James P. Spradley. Yogyakarta. Tiara Wacana Yogya.

Program Studi DKV FSR ISI Yogyakarta. 2007. Irama Visual, Dari Toekang Reklame Sampai Komunikator Handal. Yogyakarta: Jalasutra.

Sanyoto Sadjiman E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.
Tinarbuko, Sumbo. 2014. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Zikrillah, Abdu. 2018. Pemetaan Pendidikan dan Profesi Desain Komunikasi Visual Jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung.