Kajian Karya Poster Film “The U.S. Vs John Lennon” Dengan Pendekatan Framing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Panji Firman Rahadi

Abstract

ABSTRAK


Sebagai sebuah industri, film harus didampingi oleh beragam elemen, salah satunya adalah media publikasi. Di antara varian-varian media publikasi yang ada, poster adalah yang paling tua dan masih bertahan hingga hari ini. Kekuatan poster sebagai media publikasi dan komunikasi dapat dikatakan melampaui zaman. Sejak era Babilonia hingga era digital sekarang ini tetap menjadi pilihan utama untuk mempublikasikan sesuatu termasuk film. Hal ini dapat terjadi karena dalam proses pembuatannya ada mekanisme representasi yang kompleks. Hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri dari media poster. Oleh karena itu, maka rasanya poster sebagai media publikasi, komunikasi dan promosi akan sangat layak untuk dijadikan obyek penelitian pada karya tulis ini. Ada pun poster film yang akan digunakan dalam kajian ini berasal dari film The U.S. vs. John Lennon. Pemilihan ini berdasarkan kompleksitas tanda yang dimilikinya serta lingkup historis dan budaya yang melatarbelakanginya. Berdasarkan keunikannya itu, penelitian ini selanjutnya bertujuan untuk menganalisis poster film tersebut dengan menggunakan framing sebagai pendekatannya dan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan komprehensif.


 Kunci : poster, U.S John Lennon, semiotika, framing, film.


 Abstract


As an industry, movies must be accompanied by diverse element. One of those is publication media. Poster is the oldest and most enduring media of all. As publication and communication media, poster has power that beyond era. From the Babylonian epoch into the digital age, poster remains as the main choice for promote something, especially, in this context for movie promotion. The power of poster itself came from its processes, there are complexities of representation in it. In the other side it is became the attractiveness of poster. Therefore, it seems poster as publication, commnunication and promotion media will be very suitable as a subject of research in this paper.   Movie poster from The U.S. vs. John Lennon is the subject of the following essay. The choice was based on its complexity of signs and also the history and culture as its backgorund. Based on its uniqueness, this research aims to analyze the movie poster using framing as its approach and also qualitative research methode to gain a maximum and comprehensive result.


Keywords: poster, U.S John Lennon, semiotics, framing, movie

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Firman Rahadi, P. (2020). Kajian Karya Poster Film “The U.S. Vs John Lennon” Dengan Pendekatan Framing. Wacadesain, 1(1), 18-24. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v1i1.191

References

Biran, M.Y. 2009. Bikin Film di Jawa. Jakarta: Komunitas Bambu.

Eco, Umberto. 1980. A Theory of Semiotics. Bloomington: Univ Indiana Press, 1976 Lakoff, George & Johnson, Mark, Metaphors We Live By, Chicago : Unive of Chicago Press.

Mambor, C. Victor. 2000. Satu Abad “Gambar Idoep, Jakarta: Kunci Kultural Studies Center.

Nöth, W. 1985. Handsbook of Semiotic. Bloomington and Indianapolis: Indianapolis University Press.

Sastrosoediro, Margono. 1998. Poster Layanan Masyarakat dan Generasi Muda. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Sutopo, H.B. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press.

www.imdb.com

www.kopas-blog-blogspot.com/2012/05/sejarah-film-dokumenter.html

www.en.wikipedia.org/wiki/History_of_film

www.movieposterdb.com

www.victormambor.worpress.com

www.metmuseum.org

www.sfgate.com