STYLE DAN POSE WEDDING PHOTOGRAPHY MELALUI TEKNIK SINGLE LIGHTING DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI (STUDI KASUS: MALAUSMA) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M Umam Al Farizi
Rika Nugraha
Sigit Setya Kusuma

Abstract

Penelitian ini berjudul Style dan Pose Wedding Photography Melalui Teknik Single Lighting Dalam Fotografi Ekspresi yang bertujuan untuk memvisualisasikan bentuk komunikasi nonverbal, menyajikan visual lebih estetik dan mengetahui style dan pose. Dengan rumusan masalah, bagaimana cara memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang trend pada style dan pose dalam wedding photography agar membuat karya foto dengan hasil yang ekspresif dan estetik. Penelitian anda menggunakan metode kualitatif dalam analisis data, observasi, wawancara, dan angket sebagai metode pengumpulan data, Analisa SWOT dalam pemilihan media utama. Landasan teori yang digunakan berupa teori semiotika Roland Barthes. Media informasi yang digunakan berupa media cetak berupa lookbook dan foto pigura dengan media pendukung lainnya. Dengan adanya media ini, trend style dan pose pada foto dalam wedding photography akan dapat dikenali dan diketahui oleh banyak pemotret lainnya. Media ini akan bermanfaat sebagai hasil karya fotografi yang menarik minat pemotret di wilayah Malausma untuk lebih memperbaharui trend style dan pose yang digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Al Farizi, M. U., Nugraha, R., & Kusuma, S. S. (2023). STYLE DAN POSE WEDDING PHOTOGRAPHY MELALUI TEKNIK SINGLE LIGHTING DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI. Wacadesain, 4(2), 95-106. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v4i2.1413

References

Antok, Sugiarto, (2000), Paparazzi Memahami Fotografi Wartawan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, (1991), Metodologi Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Bull, Stephen, (2010), Photography: Routledge Introductions to Media and Communication, Routledge, Bourdiue, Pierre, London.
Bungin, Burhan, (2007), Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Darwis, Edward., (2011, Langkah Fotografi Untuk Pemula, Rona Publishing, Yogyakarta.
Erika, Fredina., Arief, Agung S. & Adiel, Yuwono, (2019), Perancangan Fotografi Pre-Wedding Gaya Dekonstruksi, Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Feininger, Andreas. (1955). Successful Photography. Harry N. Abrams, Inc.
Giwanda, Griand, (2004), Panduan Praktis Menciptakan Foto Menarik, Pustaka Swara, Jakarta.
Gusnawati, Dwi, (2014), Ekspresi dalam foto prewedding style Bali sebagai hasil kreativitas fotografer, Documentation, ISI Denpasar.
Kember, S., (1998), Virtual Anxiety: Photography, New Technologies and Subjectivity. Manchester University Press, Manchester.
Kriyantono, Rachmat, (2012), Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Mulyana, Deddy, (2006), Metode Penelitian Kualitatif, PT Rosdakarya Bandung. Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi, 2009, Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta.
Nindhia, Cokorda Istri P & Setiawan, I Nyoman F.A, (2019), Estetika Ideational Foto Prewedding Style Bali. Jurnal ISI Denpasar Vol.3 No.1, Fakultas Seni Rupa & Desain, ISI Denpasar, Bali.