KOMIK DIGITAL ADAPTASI CERITA RAKYAT TIMUN MAS MELALUI INTERPRETASI KARAKTER VISUAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rika Nugraha
Jerry Dounald R
Muhammad Ilham Haya

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman budaya. Salah satu contoh dari kebudayaan tersebut yaitu cerita rakyat. Seiring berjalannya waktu, minat masyarakat terhadap cerita rakyat terus berkurang. Masyarakat lebih tertarik dengan kepada media hiburan berupa cerita, komik, animasi maupun media hiburan lainnya yang berasal dari luar Indonesia. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah solusi permasalahan yaitu dengan membuat “Komik Digital Adaptasi Cerita Rakyat Timun Mas Melalui Interpretasi Karakter Visual”. Tujuan dari pembuatan komik digital ini yaitu sebagai media untuk memperkenalkan dan mengingatkan kembali cerita rakyat Indonesia kepada masyarakat melalui alur cerita yang mirip. Untuk menciptakan komik digital ini, dilakukan metode kualitatif dengan pendekatan historis dan budaya untuk mendapatkan sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuisioner dan studi pustaka. Hasil perancangan ini berupa komik digital adaptasi cerita rakyat Timun Mas dengan genre fantasi yang berjudul “Dimensi Timun Mas”. Dengan adanya komik digital “Dimensi Timun Mas” ini diharapkan masyarakat dapat mengenal dan mengingat kembali cerita rakyat Timun Mas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nugraha, R., Dounald R, J., & Haya, M. I. (2023). KOMIK DIGITAL ADAPTASI CERITA RAKYAT TIMUN MAS MELALUI INTERPRETASI KARAKTER VISUAL. Wacadesain, 4(2), 62-77. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v4i2.1345

References

Amelia, Prisca, Harijati Purwaningsih. (2021) “Desain Komik Digital Cerita Rakyat Desa Arjowilangun”. Dalam jurnal: Brikolase 13 (2), 1-4.
Abdul Yusuf. (2022) Interpretasi: Pengertian, Jenis, dan Contoh. https://penerbitbukudeepublish.com/materi/interpretasi/ [16 April 2022]
Daniar, Aninditya. (2020) “Kajian Visual Karakter Desain Webtoon Be A Poem”. Dalam jurnal: DESKOVI: Art and Design Journal 3 (2), 122-123.
Fatubun, Andres. (2017). Generasi Muda Melupakan Cerita Rakyat. https://www.ayobandung.com/bandung/pr-79617641/generasi-muda-lupakan-cerita-rakyat [18 Februari 2022]
Gumelar, MS. (2011). Comic Making: Cara Membuat Komik. Jakarta Barat: Indeks
Luzar, Laura Christina, Monica. (2014). “Penerapan Cultural Studies Dan Aliran Filsafat Dalam Desain Komunikasi Visual”. Dalam jurnal: Humaniora 5 (2), 1296-1297.
Novariyanto, Rizki Agung. 2020. “Makna Historis Monumen Kesejarahan Kota Malang Sebagai Sumber Belajar Sejarah”. Dalam jurnal: Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 9 (1), 52.
Pertiwi, Inggrid Ialfonda, Endang Mulyaningsih, Lilik Kustanto. (2018). “Penerapan Model Pendekatan Adaptasi Novel Oleh Louis Giannetti Melalui Perbandingan Naratif Pada Film Dan Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”. Dalam jurnal: Sense, 6 (1), 155-172.
Ratnawati. (2021). “Nilai Moral Dalam Cerita Gunung Tangkuban Perahu Versi Kuningan”. Dalam jurnal: Suluh Edukasi 2 (1) ,1-2.
Riwanto, Mawan Akhir dan Mey Prihandani Wulandari. (2018). “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi”. Dalam Jurnal Pancar 2 (1), 15-18
Setiawan Agus, Toto Haryadi, Auria Farantika Yogananti. (2017). Rupa Rupa Komunikasi Visual Kekinian. Yogyakarta: Suluh Media
Wahyu Priatna,Febryan, Asep Kadarisman, Sri Soedewi. (2021). “Perancangan Komik Digital Adaptasi Kisah Cerita Rakyat Nyai Anteh Sang Penunggu Bulan Dengan Reinterpretasi Modern Untuk Remaja Jawa Barat”. Dalam Jurnal e-Proceeding of Art & Design, 8 (3), 1126-1139.