PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT DAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT CAHYA KAWALUYAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Radityo Prasetyo Asmoro
Acep Rohendi
Bayu Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable citra rumah sakit dan kualitas pelayanan secara serempak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang berobat di Intalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,352 berarti 35,2% menunjukkan bahwa variable kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 64,8% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Asmoro, R. P., Rohendi, A., & Wahyudi, B. (2023). PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT DAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT CAHYA KAWALUYAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1), 36-42. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/mmars/article/view/1308

References

Barnes, J. G. (2003). Secrets Of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan) (S. Andreas Winardi (ed.); 1st ed.). Andi Offset.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Konsep, Dimensi Indikator, dan Implementasinya. Gava Media.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 856/Menkes/SK/IX/2009 Standar Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran.
Edisi 13. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14 th Edition. Pearson Education, Inc.
Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1).
Supriyanto, Y., & Soesanto, H. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Kariadi Semarang. Universitas Diponegoro Journal Of Management, 1.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, ed.
3. Andi.