PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN WEB E-COMMERCE PADA CAFE FORESTHREE BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.51977/jti.v5i1.957Keywords:
Perancangan, Waterfall, E-CommerceAbstract
Cafe Foresthree Bogor merupakan salah satu cafe yang mempunyai konsep unik yaitu dengan nuansa hutan dan hidangan yang menyajikan menu sehat penjualan online sangat diperlukan untuk meningkatkan pelanggan dan memberikan informasi yang luas, karena dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2021-2022 terdapat 210,03 juta pengguna internet di dalam negeri. Jumlah data tersebut meningkat 6,78% dibandingkan pada periode sebelumnya yaitu sebesar 196,7 juta orang. Hal tersebut menjadikan tingkat penetrasi internet di Indonesia menjadi sebesar 77,02%. Penerapan E-commerce tentunya dapat mengubah kebiasaan pelanggan untuk berbelanja secara online. Hal tersebut menjadikan mudah dalam. Maka dibuatlah e-commerce untuk pengembangan cafe tersebut dengan menggunakan metode waterfall, serta bertujuan mempermudah pengolahan data penjualan, sehingga akan lebih mudah untuk memantau perkembangan penjualan tersebut, menyediakan pusat informasi penjualan yang sangat cepat, akurat dan tepat untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi pada waktu yang dibutuhkan, meningkatkan promosi penjualan dengan waktu dan biaya yang efektif dan efisien, pelebaran jangkauan pasar yang luas dalam hal penjualan dapat membantu untuk peningkatan penghasilan cafe.
References
Adha, N., & Saputri, O. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode En. 2(1), 154–162.
Aida, N. R. (2021). Mengenal Apa Itu JMO (Jamsostek Mobile), Aplikasi Baru Pengganti BPJSTKU. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/14/083100565/mengenal-apa-itu-jmo-jamsostek-mobile-aplikasi-baru-pengganti-bpjstku?page=all
Anggraeni, V. Y. (2016). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Blended Learning Poltekba Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Doctoral dissertation, UAJY).
Lilis, C., & Fajriyani, D. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KEDAI KOPI KALA SENJA Lilis Cucu Sumartini dan Dini Fajriany Ardining Tias. 3(2), 111–118.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Prasetio, R. T. (2020). Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 2(1), 65-74.
Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Anshori, I. F., Rismayadi, A. A., Hidayatulloh, S., & Mubarok, A. (2018). Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
Putri, V. K. M. (2021). Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/09/142234669/dampak-kemajuan-teknologi-di-bidang-sosial-dan-budaya?page=all
Rachmawati, N. L., & Krisbiantoro, D. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 29–35. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.473
Siri, M., Fitriyani, & Herliana, A. (2017). Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 4(1), 66–75.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. Setiyawami, S.H., ed.). Bandung: Alfabeta.
Wibawa, S. W. (2020). Menakar Kelayakan Metode Riset Digital di Tengah Pandemi. Retrieved from https://www.kompas.com/sains/read/2020/08/25/110600623/menakar-kelayakan-metode-riset-digital-di-tengah-pandemi?page=all
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.