PERANCANGAN GAME “LAST NIGHT" MENGGUNAKAN UNITY 3D

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iedam Fardian Anshori

Abstract

Perkembangan zaman terkadang dapat menimbulkan suatu situasi yang menekan orang yang bersangkutan entah karena tuntutan pekerjaan ataupun banyaknya tugas di sekolah. Situasi tertekan ini dikenal dengan istilah stress atau jenuh, banyak sekali cara orang-orang untuk mengatasi stress atau jenuh ini. Bisa dengan berwisata, berolahraga, beristirahat sampai bermain game. Pada penelitian ini, penyusun bertujuan membuat game bergenre horror menggunakan Unity 3D sebagai Tools Game Action dengan genre Survival Arcade menggunakan Bahasa Pemrograman C#, metode pengambangan perangkat lunak pada pengambangan game menggunakan metode waterfall. Setelah dilakukan tahap perancangan data yang meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap pengujian Hasil dari pengujian Black-Box Testing menunjukan semua fungsi bekerja dengan baik sedangkan hasil dari pengujian dengan metode kuisoner menunjukan bahwa nilai ketertarikan dan manfaat yang didapatkan cukup tinggi. Game ini selain digunakan untuk bersenang–senang dapat juga digunakan sebagai media pembelajaran tentang game survival.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adisusilo, A. K., & Nasution, B. Y. (2014). Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Permainan Berbasis Android. Smatika Jurnal, 1-13.
Akhyar, K., & Anshori, I. F. (2022). Aplikasi Permainan Dekorasi Kue Bread.Co dengan Construct 2 di PT Griya Pratama. E-Prosiding Teknik Informatika, 213-221.
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.
Basya, R. h., & Anshori, I. F. (2021). Rancang BangunAplikasi Pemesanan Kue Berbasis Android Pada Salwa Cookies. E Prosiding Teknik Informatika, 92-98.
David. (2016). Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horor. Cogito Smart Jurnal, 167-179.
Fatta. (2017). Analisis dan Perancangan SIstem Informasi Untuk keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.
Gulo, W. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Januar, M. I., & Anshori, I. F. (2022). Rancang Bangun Guess The Animal Untuk Mengenalkan Hewan Khas Indonesia Berbasis Android. E-Prosiding Teknik Informatika, 98-106.
Nuruzzuha, Y., & Hendriyanto, R. (2015). Aplikasi Game FPS "Horror of Campus". E-Procedding of Applied Science, 1117-1125.
Rahadian, M. F., Suyatno, A., & Maharani, S. (2016). Penerapan Metode Finite State Machine pada Game "The Relationship". Jurnal Informatika Mulawarman, 14-22.
Ramadijanti, N., Setiowati, Y., & Fathoni, K. (2015). Penerapan Finite State Machine Pada Perilaku Karakter. FT UGM, 30-36.
Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Ultima InfoSys, 35-42.